Tiga Strategi KMP Rebut Pimpinan MPR

Tiga Strategi KMP Rebut Pimpinan MPR
Jakarta - Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada, Ari Dwipayana, mengatakan ada tiga strategi yang dilakukan Koalisi Merah Putih, koalisi partai pendukung Prabowo Subianto di parlemen, dalam memenangkan pemilihan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
 
Cara yang pertama, kata Ari, koalisi Prabowo mampu mengulur-ulur waktu sehingga menghasilkan formula yang fleksibel.
 
"Proses voting bisa dilakukan dalam momen yang panjang, jadi bisa lobi-lobi," kata dia, seperti yang dilansir dari Tempo, Rabu, 8 Oktober 2014. 
 
Menurut Ari, strategi kedua yang dijalankan Koalisi Merah Putih adalah fleksibilitas formula baru dengan tidak lagi mengusung kader Partai Demokrat sebagai Ketua MPR.
 
Koalisi ini, kata Ari, malah memilih Zulkifli Hasan, politikus Partai Amanat Nasional (PAN), sebagai figur yang dibentrokkan dengan calon dari Koalisi Indonesia Hebat pro-Joko Widodo, Oesman Sapta Odang.
 
Ari mengatakan Zulkifli Hasan punya basis finansial yang kuat serta jaringan politik luas dari tingkat partai maupun ormas Muhammadiyah. "Selain itu, tidak semua pihak di parlemen suka dengan Oesman Sapta Odang." (rep01/tco)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index