Air Jahe Bisa Jadi Minuman Sehat dengan Segudang manfaat

Air Jahe Bisa Jadi Minuman Sehat dengan Segudang manfaat
ilustrasi

Jakarta - Anda yang suka minum jahe dan mengkonsumsinya setiap hari, perlu berhati-hati. Ada hal-hal yang harus diperhatikan jika Anda akan mengonsumsi air jahe setiap hari. Pada beberapa kasus, jahe bisa memicu sakit perut, penumpukan gas, hingga mulas, terutama jika dikonsumsi berlebihan.

Namun bila Anda sehat dan tak punya masalah apa pun, konsumsi jahe bisa memberikan segudang manfaat jika diminum setiap hari.

Tak hanya dijadikan bumbu masak, tapi jahe juga bisa dijadikan minuman menyehatkan yang rasanya tak kalah enak. Air rebusan jahe memiliki aroma khas yang kuat, enak, dan menghangatkan. Konon minum air rebusan jahe bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Mengutip WebMD, air jahe mengandung senyawa dan nutrisi yang sama bagusnya dengan jahe yang belum direbus. Level nutrisinya bervariasi, tergantung seberapa kuat Anda membuat air jahe ini.

Berikut manfaat minum air jahe:

1. Meningkatkan imun tubuh

Mengutip Medicine Net, jahe membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga membantu Anda melawan infeksi virus dan bakteri tertentu. Jahe juga mengandung vitamin C dan B6, magnesium, serta sejumlah kecil zat besi hingga kalsium.

Menurut para peneliti, minyak atsiri dan senyawa fenol dalam jahe juga memberikan khasiat penyembuhan, yang membuat tubuh tetap aman dan terlindungi dari penyakit musiman di musim hujan. Air rebusan jahe juga dapat membantu mengatasi batuk, pilek, infeksi tenggorokan, mengi, dan masalah pernapasan lainnya.

2. Menjaga usus tetap sehat
Karena gingerol memiliki sifat relaksasi otot, maka jahe bermanfaat bagi orang yang menderita refluks asam lambung atau masalah pencernaan lainnya.

3. Anti inflamasi
Air rebusan jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut, kulit, dan rambut. Jahe juga dapat mengurangi visibilitas bekas luka dan meningkatkan elastisitas kulit, memberikan manfaat anti penuaan.

4. Efek menenangkan
Jahe memiliki efek menenangkan yang dapat mengurangi stres psikologis.

Selain itu, secara umum, air rebusan jahe secara efektif meningkatkan suasana hati dan menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Sifat antiseptik
Air rebusan jahe memiliki sifat antiseptik. Dengan begini, minuman ini bisa jadi alternatif untuk pengobatan, salah satunya masalah ketombe.

Minum air jahe setiap hari dapat membantu pertumbuhan rambut dengan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala.

Demikian beberapa dampak minum air jahe setiap hari. Semoga bermanfaat.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index