Menang Pilpres 2024, Prabowo: Terima Kasih Rakyat Indonesia

Menang Pilpres 2024, Prabowo: Terima Kasih Rakyat Indonesia

Jakarta - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan terima kasih kepada rakyat Indonesia, usai penetapan hasil Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (20/3).

"Pertama, kita bersyukur ke hadirat Tuhan Maha Besar Allah Swt atas pengumuman resmi dari KPU tentang hasil pemilu yang kita laksanakan," kata Prabowo di kediaman Kertanegara IV.

"Saya atas nama pribadi dan atas nama pasangan calon presiden-wakil presiden 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabumin Raka, juga atas nama Koalisi Indonesia Maju, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia," lanjut Prabowo.

Prabowo mengatakan pemilu yang telah dilaksanakan diakui oleh dunia. Hal ini tercermin dari ucapan dan surat yang disampaikan ke Prabowo, oleh sederet kepala negara, kepala pemerintah, dan duta besar.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga menyampaikan terima kasih ke penyelenggara pemilu, jajaran TNI-Polri, hingga jajaran pemimpin partai pengusung.

KPU menetapkan pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024 dalam satu putaran.

Mereka memperoleh 96.214.691 suara sah. Prabowo-Gibran unggul di 36 dari 38 provinsi seluruh Indonesia. Pasangan ini juga menang di luar negeri.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara. Pasangan ini hanya menang di dua provinsi, Aceh dan Sumatera Barat.

Kemudian pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang mendapat 27.040.878 suara sah. Pasangan ini tak menang di satu provinsi pun.

Prabowo-Gibran akhirnya dinyatakan menang dalam satu putaran karena perolehan suaranya lebih dari 50 persen suara nasional. Prabowo-Gibran unggul di lebih dari 20 provinsi di Indonesia.* (mdy)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index