Politik

Survei: Setelah Debat Capres, Jokowi Tetap Unggul

Jakarta - Hasil riset Lembaga Survei Indonesia menyatakan elektabilitas pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla lebih unggul dibandingkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa setelah digelar debat calon presiden dan wakil presiden tadi malam, Senin, 9 Juni 2014.
 
Angka keterpilihan Jokowi tercatat rata-rata 47,5 persen, sedangkan Prabowo sebesar 36,9 persen. “Hasil survei itu berdasarkan debat capres tadi malam,” kata Direktur Eksekutif LSI, Dodi Ambardi, ketika dihubungi oleh Tempo, Selasa, 10 Juni 2014.
 
Menurut Dodi, ada perubahan dari yang tidak memilih menjadi memilih karena melihat hasil debat capres. Tingginya elektabilitas Jokowi, kata dia, karena dianggap mengungguli Prabowo saat debat. Sebanyak 47,5 persen responden menyatakan bahwa Jokowi membawa angin baru untuk kepemimpinan. Di lain pihak, angka untuk Prabowo 36,9 persen dianggap karena prabowo kurang mempunyai program yang jelas.
 
Survei dilakukan di tujuh provinsi. Di antaranya Jawa Barat, Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, serta tiga wilayah, yaitu wilayah barat, tengah, dan wilayah timur. Survei melibatkan 2.400 responden yang dipilih dengan menggunakan exit poll. Mereka diwawancarai dengan menggunakan telepon dan harus melihat debat capres terlebih dahulu. (rep01/tpc)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]