Nasional

Seluruh Soal Ujian Nasional Sudah Dicetak

Solo-Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim menyatakan, bahwa semua soal ujian nasional (UN) saat ini sudah selesai tercetak. Tetapi saat ini belum boleh dikirim.
 
"Tanggal 23 Maret 2014 nanti baru boleh dilaksanakan pengiriman. Karena menyangkut kerahasiaan soal di jalan. Soal UN harus sudah sampai di ibukota propinsi tanggal 30 - 1 Maret 2014," jelas Musliar saat Okezone menanyakan tentang persiapan soal UN jenjang SMA sederajat, di Kampus FKIP UNS, Solo, Sabtu (22/3/2014).
 
Sedang mulai 1 hingga 12 April 2014, semua soal UN sudah berada di ibukota propinsi. Selama berada di ibukota propinsi, disimpan di gudang yang dikawal oleh perguruan tinggi, LPMP, Dinas Pendidikan dan Kepolisian.
 
"Karena kami tidak mau kasus tahun lalu kembali terjadi. Tahun lalu kami memang salah, walaupun kesalahan itu bukan kesalahan kami, tetapi kesalahan percetakan. Di mana percetakan tidak bisa mencetak sesuai jadwalnya," jelas Musliar.
 
Lebih lanjut Musliar mengatakan, waktu untuk mencetak soal UN tahun 2014 ini memang diperpanjang. Bila 2013 lalu hanya tiga minggu, sekarang ini diperpanjang menjadi empat minggu. Demikian halnya jadwal waktu mulai mencetak juga dimajukan satu minggu lebih awal. Sehingga sekarang semua soal sudah selesai dicetak.
 
"Meski telah selesai dicetak, tetapi mereka belum boleh mengirimkan," jelasnya.
 
Menurut Wamendikbud, UN mempunyai tujuan, yakni pertama untuk kelulusan. Kedua, untuk intergrasi vertical, anak tamat sekolah berdasarkan UN bisa melanjutkan seperti masuk perguruan tinggi. Bahkan Majelis Rektor sudah diputuskan bahwa nilai UN akan digunakan untuk penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi.
 
Sedang ketiga, untuk pemetaan. Pemetaan untuk bisa membandingkan sekolah yang satu dengan lainnya dimanapun di Indonesia. Bahkan dalam satu sekolah bisa untuk membandingkan satu anak dengan anak yang lain. (rep05)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]