Survei Barometer: PDI-P Parpol Pilihan Generasi Muda

 Survei Barometer: PDI-P Parpol Pilihan Generasi Muda
JAKARTA-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) disebut sebagai partai politik yang dipilih generasi muda. PDI-P menempati urutan pertama, dengan perolehan suara 18,8 persen dalam hasil survei Indo Barometer bertajuk 'Opini Pemilih Muda Terhadap Politik dan Demokrasi di Indonesia menjelang Pemilu 2014'. Setelah PDI-P, sebanyak 12,9 persen pemilih muda memilih Partai Golkar dan 8,2 persen memilih Partai Gerindra.
 
"Partai politik yang paling banyak dipilih adalah PDI-P, disusul Golkar, dan Gerindra. Sedangkan Demokrat turun di urutan keenam," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari di Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2013). 
 
Qodari menjelaskan, Partai Demokrat hanya dipilih 2,7 persen dan berada di bawah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 4,7 persen, dan Partai Hanura sebanyak 2,8 persen. Di posisi berikutnya yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 1,7 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak 1,6 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak 1,4 persen, Partai Nasdem sebanyak 1,3 persen, Partai Bulan Bintang (PBB) sebanyak 0,1 persen, dan PKPI tidak ada yang memilih atau 0,0 persen. 
 
Namun dari persentase tersebut lebih banyak pemilih muda yang belum memutuskan parpol pilihannya yaitu 26,3 persen. Kemudian yang menjawab tidak akan memilih sebanyak 0,8 persen, rahasia sebanyak 7,6 persen, dan tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 9,3 persen. Qodari memaparkan, PDIP banyak dipilih generasi muda dengan alasan dekat atau perhatian dengan rakyat. 
 
"Berdasarkan alasan parpol dekat atau perhatian dengan rakyat yaitu menyatakan PDIP sebanyak 49,3 persen, Gerindra 24,7 persen, dan Golkar 14 persen," kata Qodari. 
 
Alasan lainnya, yaitu menyukai tokoh partainya dan memang sejak dulu memilih partai tersebut. Survei ini dilakukan pada 12-23 November 2013 dengan responden 1200 yang tersebar di seluruh Indonesia. Responden berusia 17-30 tahun ketika survei dilaksanakan. Pengumpulan data dilakukan wawancara tatap muka secara langsung dengan mengggunakan kuesioner. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index