DPR: SBY Pilih Sutarman sebagai Calon Kapolri

 DPR: SBY Pilih Sutarman sebagai Calon Kapolri
Kepala Badan Reserse Kriminal Komisaris Jenderal Sutarman.

Jakarta-Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Priyo Budi Santoso telah menerima surat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang calon kepala Kepolisian RI. Dalam surat yang sampai ke DPR pukul 10.00 pagi tadi itu, kata Priyo, SBY menyodorkan nama Kepala Badan Reserse Kriminal Komisaris Jenderal Sutarman sebagai pengganti Jenderal Timur Pradopo.

"Melihat rekam jejaknya, saya meyakini uji kelayakannya nanti lancar," kata Priyo di kompleks parlemen Senayan, Jumat, 27 September 2013.

Alasan Priyo, Sutarman telah melewati jenjang karier dengan bagus. Sutarman pernah menjadi Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Kapolda Metro Jaya, dan saat ini menjadi Kabareskrim Mabes Polri.

Priyo mengatakan Sutarman adalah perwira senior yang profesional dan tak berpihak kepada partai manapun. Sebab itu, kata Priyo, parlemen akan menerima Sutarman sebagai Kapolri. Sutarman juga dinilai mampu memberantas kejahatan selama menjadi kepala Bareskrim.

Priyo mengatakan, uji kelayakan akan dilakukan setelah pimpinan DPR menggelar rapat dan menyerahkan nama ke Badan Musyawarah. "Setelah itu, Komisi Hukum DPR akan melaksanakan fit and proper test," kata politikus Golkar itu.

Ketua Komisi Hukum Gede Pasek Suardika mengatakan belum mendapatkan salinan surat dari Presiden tentang calon Kapolri. Dia mengatakan uji kelayakan bakal dilakukan setelah melakukan seleksi anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index