Ini 3 Syarat Yusril Bila Ikut Konvensi Demokrat

Ini 3 Syarat Yusril Bila Ikut Konvensi Demokrat

JAKARTA-Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan bersedia menerima tawaran Partai Demokrat untuk ikut serta pada Konvensi PD. Namun, advokat senior ini mengajukan tiga syarat kepada PD. Salah satu syarat ini harus terpenuhi.

Pertama, Yusril tak harus menjadi kader partai pemenang Pemilu 2009. "Memang Partai Demokrat mau cari capres atau kader?" ujar pendiri PBB tersebut di Jakarta, Rabu (17/7).

Yusril mengaku bersedia mundur dari partai politik peserta Pemilu 2014 bernomor urut 14 asalkan dirinya memperoleh posisi strategis di partai pemerintah tersebut. Posisi tersebut, misalnya, ketua umum atau ketua majelis tinggi. Itu adalah syarat kedua.

"Buat apa kalau cuma jadi kader kroco?" tanya Yusril, yang juga pakar hukum tata negara.

Alternatif lain, Yusril meminta PD dan PBB berkoalisi mengusung dirinya sebagai kontestan di ajang perebutan kursi kepala negara pada Pemilu 2014.

"Nanti kan PBB sama Demokrat bisa sama-sama mencalonkan Yusril," kata Yusril.

Mantan Menteri Kehakiman ini mengaku menerima undangan mengikuti Konvensi PD dari Ketua Umum DPP PD Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekretaris Majelis Tinggi PD Jero Wacik.

Sejumlah tokoh diprediksi turut bertarung untuk memperoleh tiket kandidat capres dari PD. Tokoh tersebut di antaranya Marzuki Alie, Jenderal TNI (Purn) Pramono Edhie Wibowo, Gita Wirjawan, Mahfud MD, Irman Gusman, dan lainnya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index