Nasional

Siap-siap dari Lombok, 4G XL di 1.800 MHz Akan ke Jawa

Jakarta - Lombok jadi kota pertama yang disambangi layanan 4G LTE XL Axiata yang beroperasi di frekuensi 1.800 MHz. Setelah itu, baru menyeberang ke Surabaya, Bandung, Bali baru Jakarta.
 
XL memang terlihat sangat antusias menyambut 4G di frekuensi 1.800 MHz. Pasalnya, mereka punya sumber daya frekuensi besar di sini, 22,5 MHz, setelah mendapat tambahan spektrum milik Axis yang diakuisisinya beberapa waktu lalu.
 
Janji kecepatan 4G yang lebih ngebut mencapai 100 Mbps pun dilontarkan eksekutif XL saat layanan 4G XL di 1.800 MHz benar-benar dikomersialisasi. 
 
Pasalnya pada layanan 4G yang saat ini berjalan di frekuensi 900 MHz, XL ataupun operator lainnya masih terbatas dari sisi rentang frekuensi yang digunakan, yakni cuma 5 MHz. Alhasil, kecepatan 4G yang sesungguhnya pun tak bisa keluar, maksimal cuma 30 Mbps, itu pun tak merata.
 
Ongki Kurniawan, Chief Service Management Officer XL, mengungkapkan hingga akhir tahun 2015 nanti, XL telah menyiapkan pengoperasian layanan 4G LTE di sejumlah daerah, baik di Jawa maupun pulau-pulau utama lainnya. 
 
Kota-kota yang sudah dipastikan akan segera mendapatkan layanan internet cepat secara komersial antara lain adalah Lombok, Surabaya, Bandung, Bali, dan Jakarta. Sebelumnya, pelanggan di kota-kota tersebut sudah mendapatkan layanan 4G LTE secara terbatas uji coba di area tertentu (trial). 
 
Dan tidak ketinggalan beberapa kota yang saat ini telah menikmati 4G di jaringan 900 MHz akan tetap dapat menikmati layanan tersebut, yaitu Medan, Bogor dan Yogyakarta. XL juga sudah menyiapkan rencana perluasan area cakupan layanan 4G di lokasi-lokasi di mana XL pernah melakukan uji coba di jaringan 1.800 MHz. 
 
"Kami sudah selesai melakukan tender untuk pembangunan infrastruktur 4G LTE di berbagai daerah yang segera akan kami kebut," tambah Ongki.
 
Peluncuran 4G XL di frekuensi 1.800 MHz rencananya akan dilakukan pada 6 Juli 2015. Menkominfo rencananya akan meluncurkan layanan 4G di frekuensi tersebut serentak dengan 5 operator sekaligus: Telkomsel di Makassar, Indosat di Balikpapan, XL di Lombok, Tri di Banjarmasin serta Smartfren di Batam.(rep04)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]