Heboh, Pakaian Jokowi Amburadul Saat Foto bersama Sultan Brunei

 Heboh, Pakaian Jokowi Amburadul Saat Foto bersama Sultan Brunei
Jakarta-Penampilan seorang kepala negara selalu menjadi perbincangan dalam setiap kesehariannya, apalagi dalam sebuah kunjungan kenegaraan. Hal ini yang menjadi sorotan terhadap penampilan Presiden Joko Widodo ketika mengunjungi negeri jiran, Brunei.
 
Saat bertemu dengan Sultan Hassanal Bolkiah, ada yang cukup mengganggu dalam penampilan Jokowi ketika itu. Satu buah kancing dalam jas yang dikenakannya terlihat tak terpasang dengan benar. Hal itu membuat dasi yang terselip dengan cukup panjang di dalamnya tampak "menyembul".
 
Penampilan itu tampak kontras dengan Sultan yang ketika itu memang sedang berpose bersama Jokowi. Sultan Brunei justru tampak lebih rapi dan seakan "sadar kamera" ketika akan difoto.
 
Tak ayal, penampilan Jokowi menjadi perbincangan di media sosial. Jokowi tak lama kemudian mendapatkan sejumlah kritik di media sosial.
 
Salah satunya dari bloger di Kompasiana, Rahmad Agus Koto, yang menuliskan pendapatnya dalam blog tersebut.
 
"Aihh… kok bisa ya Jokowi tidak menyadari penampilannya yang cukup memalukan itu? Bertambah heran lagi mengapa istrinya, petugas "wardrobe" kepresidenan dan orang-orang di sekitarnya tidak mengingatkan kancing pakaian Jokowi yang terlihat jelas begitu, terkesan urakan," kata dia. (Baca: Penampilan Jokowi yang Cukup Memalukan)
 
Ia heran dengan penampilan Jokowi yang terkesan seadanya dan tidak siap, padahal perhelatan yang tengah dilakukannya adalah kunjungan resmi kenegaraan. Sultan Brunei juga terlihat tidak memasang kancing jas bagian bawahnya, tetapi hal itu tertutupi oleh tangannya yang mengepal di depan.
 
The Brunei Times presiden Jokowi saat berfoto bersama sultan hasanal bolkiah
 
Meski ada yang memandang sinis penampilan Jokowi itu, ada pula bloger yang mencoba meluruskan cara pakai jas Jokowi yang dianggap sudah benar. Bloger bernama Gunawan itu kemudian memaparkan sejumlah foto pemimpin dunia yang juga menggunakan jas dengan kancing terbuka satu.
 
"Untuk jas berkancing 2, maka etikanya hanya kancing atas yang dikancingkan. Sedangkan untuk jas berkancing 3, kancing atas optional (bisa buka atau ditutup), kancing ke dua harus ditutup dan kancing paling bawah harus tetap terbuka. Itulah etikanya dalam mengancingkan jas jadi gak sembarangan kancing loh," tulis Gunawan. (rep05/kpc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index