Politik

Jokowi Akan Hadir di Peringatan 8 Tahun Lapindo

Sidoarjo - Wakil Ketua Panitia Peringatan 8 tahun Lumpur Lapindo, Gugun Muhammad menjelaskan calon presiden Jokowi--sapaan Joko Widodo--akan mendatangi peringatan 8 tahun lumpur lapindo yang akan dilaksanakan mulai hari ini, Senin, 26 Mei 2014, hingga 29 Mei sebagai malam puncak. 
 
"Pak Jokowi sampai detik ini masih memastikan bisa hadir pada tanggal 29 Mei nanti," kata Gugun kepada Tempo disela-sela pemasangan 110 patung manusia di tanggul lumpur lapindo, Senin, 26 Mei 2014.
 
Menurut Gugun, solidaritas korban lumpur lapindo bersama beberapa Sanggar seni dan LSM akan menggelar peringatan 8 tahun tragedy lumpur panas lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur. 
"Penyelenggaranya diantaranya Ar-rohma, KLM, PAT, Sanggar Al-Faz, UPC dan UPLINK," kata dia sambil memperlihatkan brosurnya.
 
Bersama para korban lumpur dan seniman, peringatan 8 tahun lumpur lapindo diperingati tiga hari sejak pagi ini. pada hari Senin, 26 Mei 2014 pukul 05.30 WIB dilangsungkan prosesi pemasangan 110 patung manusia lumpur di tanggul lumpur lapindo desa Siring Porong. "Prosesi pemasangan patung ini selama dua hari, karena banyak," kata Gugun.
 
Kemudian pada hari Rabu, 28 Mei 2014 pukul 19.00 WIB akan dilakukan Malam Budaya dan Renungan, dalam acara tersebut akan mendatangkan anak-anak lumpur lapindo dan akan dilakukan launching buku puisi tentang lumpur lapindo yang penulisnya sekitar 90 orang, baik dari seniman dan sastrawan dari berbagai daerah. "Mereka akan membacakan puisinya malam itu di tanggul lumpur lapindo," kata dia.
 
Sedangkan pada puncak malam peringatan, akan dilangsungkan karnaval yang bertema "Timun Mas VS Raksasa" dengan menenggelamkan raksasa ke dalam lumpur lapindo, pada saat itu pula akan ada peresmian "survivor" karya Dadang Christanto oleh korban lumpur, serta pada malam itu akan disaksikan langsung oleh Jokowi. "Semoga saja tidak ada perubahan jadwal dari beliau supaya dia bisa menyaksikan parade ini," kata dia. (rep01/tpc)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]