Siswa di Aceh Terbanyak yang Tak Lulus UN

Siswa di Aceh Terbanyak yang Tak Lulus UN
Banda Aceh - Provinsi Aceh menduduki peringkat pertama jumlah ketidaklulusan ujian nasional (UN) SMA/MA/SMK secara nasional. Namun secara persentase ketidaklulusan, Aceh berada di peringkat kedelapan.
 
“Jumlah yang tidak lulus mencapai 785 orang atau sekitar 1,38 persen,” kata Sekretaris Panitia UN Aceh, Zulkarnaini, Rabu, 21 Mei 2014. Ia menjelaskan, peserta UN tingkat SMA/sederajat di Aceh sebanyak 56.982 orang.
 
Zulkarnaini menyatakan daerah paling banyak tidak lulus di Aceh adalah Kabupaten Aceh Selatan sebanyak 196 orang, disusul Aceh Barat (84), Lhokseumawe (76), Aceh Barat Daya (75), dan Aceh Utara (64).
 
Adapun beberapa kabupaten lainnya, siswa yang tidak lulus berada di bawah angka 60 orang. Hanya ada empat kabupaten dari 23 kabupaten/kota di Aceh yang berhasil meluluskan semua siswanya; Aceh Singkil, Nagan Raya, Simeulu, dan Aceh Tenggara. 
 
Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan akan mengevaluasi kinerja Dinas Pendidikan, menyusul tingginya angka siswa tidak lulus UN di Aceh. "Saya berjanji akan mengevaluasi,” ujar dia, dilansir Tempo.co.
 
Ia menjelaskan tingginya siswa yang tidak lulus tidak bisa dibiarkan. Apalagi, pemerintah sudah menganggarkan dana pendidikan yang besar di Aceh. Untuk tahun ini, total dana pendidikan di Aceh mencapai Rp 2,4 triliun. (rep03)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index