Nasional

Ini Para Menteri Kabinet SBY yang Lolos ke Senayan

Jakarta-Tujuh menteri kabinet Indonesia bersatu jilid II, pimpinan Presiden SBY sukses menjadi anggota DPR periode 2014-2019. Mereka berhasil memenangkan persaingan di internal partai dan berhak mengisi kursi yang didapatkan partai politik masing-masing.
 
Pertama adalah Syarief Hasan yang menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UKM. Syarief lolos ke Senayan setelah mampu mendapatkan 31.486 suara di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat III yang meliputi Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor.
 
Kedua, Jero Wacik yang menjabat sebagai Menteri Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Wacik maju di Dapil Bali dan mendapatkan suara sebanyak 104.682 suara.
 
Ketiga, Evert Erenst (EE) Mangindaan yang menjabat sebagai Menteri Perhubungan. Mangindaan berhasil meraup 81.152 suara di Dapil Sulawesi Utara.
 
Keempat adalah Muhaimin Iskandar yang menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans). Politikus yang juga merupakan Ketua Umum DPP PKB itu meraih 116.694 suara di Dapil Jawa Timur VIII yang meliputi Kabupaten Jombang, Nganjuk, Madiun, Mojokerto, Kota Madiun dan Mojokerto.
 
Kelima, Helmy Faishal Zaini yang menjabat sebagai Menteri Perumahan Desa Tertinggal. Menteri asal PKB ini melenggang ke Senayan setelah mendapatkan 69.542 suara di Dapil Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
Kemudian keenam, Tifatul Sembiring yang menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika. Mantan Presiden PKS ini sanggup mengumpulkan 74.510 suara di Dapil Sumatera Utara 1 yang meliputi Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Tebing Tinggi.
 
Terakhir, atau ketujuh adalah Zulkifli Hasan yang menjabat sebagai Menteri Kehutanan. Politikus asal PAN itu berhasil meraih suara sebanyak 174.144 di Dapil Lampung I yang meliputi Kabupaten Lampung Barat, Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Kota Bandar Lampung dan Kota Metro.
 
Sementara itu, tiga menteri lainnya dipastikan gagal menjadi anggota DPR RI. Mereka antara lain Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo (keduanya dari Demokrat), dan Menteri Pertanian Suswono (PKS). (rep05)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]