Pakai Sistem CAT

Seleksi CPNS 2014 tak Serentak

Seleksi CPNS 2014 tak Serentak
PEKANBARU - Jadwal ujian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 yang dilakukan Kementerian, Lembaga Negara ataupun Pemerintah Provinsi diperkirakan tidak serentak. Pasalnya, ujian memakai metode Computer Assisted Test (CAT) yang pengunaan alatnya secara bergantian.
 
Hal itu dikatakan Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian BKD Provinsi Riau, Haprialdi Malik, akhir pekan lalu. "Ujian CPNS dengan sistem CAT ini tidak bisa dilakukan serentak karena keterbatasan peralatan CAT dibanding banyaknya jumlah peserta ujian CPNS," katanya.
 
Dia mencontohkan, tes CPNS yang dilakukan Pemerinta Kota Pekanbaru tahun 2013 lalu bekerja sama dengan BKN Wilayah Riau yang menyediakan komputer 50 unit. Dengan jumlah 50 unit komputer tersebut, tambah Haprialdi, dalam sehari bisa dites 200 pelamar. Sistim CAT ini didesain untuk empat gelombang. "Dengan sistem CAT tersebut, para peserta akan melihat langsung nilai hasil tesnya," katanya.
 
Kendati demikian, Haprialdi menyebutkan penerapan sistem CAT belum diarahkan ke pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia. "Jika kabupaten/kota ada yang mampu menggunakan sistem CAT, kita sangat mendukung. Namun bagi yang tidak memungkinkan tetap bisa menggunakan sistem LJK (Lembar Jawaban Kerja)," paparnya
 
Haprialdi juga menegaskan, pelaksanaan seleksi CPNS 2014 bakal digelar sekitar bulan Juni mendatang. “Untuk usulan formasi kita juga sedang menunggu kabupaten kota untuk mengirimkan pusat, deadline yang diberikan oleh pusat ke kita untuk mengusulkan formasi hingga akhir April," paparnya.
 
Sebelumnya, Haprialdi mengatakan, baru Kota Dumai dan Pemkab Inhu yang mengajukan usulan formasi CPNS ke Provinsi Riau untuk dilanjutkan ke Pusat. Sedangkan Pemprov Riau sendiri mengajukan 1.100 formasi CPNS. Rinciannya terdiri dari tenaga pendidik 19 formasi, tenaga kesehatan 489 formasi dan tenaga teknis 592 formasi. Dalam usulan itu juga terdapat formasi untuk tamatan SMA 176 orang, 70 di antaranya merupakan atlit PON Riau.  (cr01/hrc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index