Ini Dia 7 Pemimpin Dunia yang Jadi Fans Klub Sepakbola

 Ini Dia 7 Pemimpin Dunia yang Jadi Fans Klub Sepakbola
 
Di sela-sela kesibukan, sejumlah pemimpin dunia masih menyempatkan diri menyaksikan klub sepakbola kesayangan mereka bertanding. Ada yang menyaksikannya langsung di stadion, dan ada yang menontonnya melalui layar televisi.
 
Berikut ini adalah 7 pemimpin dunia yang memiliki klub sepakbola kesayangan seperti dikutip dari Bleacher Report:
 
1. David Cameron (Aston Villa)
PM Inggris David Cameron
 
Cameron beberapa kali tertangkap kamera menyaksikan langsung pertandingan Aston Villa di Villa Park bersama putranya, Arthur Elwen. Perdana Menteri Inggris itu juga pernah tertangkap kamera menggenakan kostum Villa ketika melakukan jogging. 
 
Paman Cameron adalah Sir William Dugdale, yang notebene mantan Presiden Villa (1975-1982). Adalah Dugdale yang mengajak Cameron menyaksikan langsung pertandingan The Villans saat masih 13 tahun.
 
2. Angela Merkel
David Cameron, Barack Obama dan Angela Merkel nonton final
 
Merkel sangat mencintai sepakbola dan tentunya timnas Jerman. Kanselir Jerman itu sering mendukung langsung tim Panser di stadion, dan beberapa kali tertangkap kamera mengunjungi ruang ganti Die Mannschaft. Merkel bahkan pernah masuk ke ruang ganti pemain ketika Mesut Oezil dan kawan-kawan belum berpakaian lengkap.
 
Untuk level klub, Merkel mengidolakan klub Divisi 2 Bundesliga, Energie Cottbus. Wanita yang menjadi kanselir Jerman sejak 2005 ini adalah anggota kehormatan klub Energie Cottbus. Di sela-sela pertemuan G8 pada 2012, Merkel menyaksikan laga final Liga Champions antara Bayern Munich melawan Chelsea bersama Cameron dan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.
 
3. Francois Hollande
Francois Hollande
 
Meski lahir di Rouen, Presiden Prancis ini ternyata merupakan salah satu fans AS Monaco. Ketika melakukan wawancara dengan majalah France Football, Hollande mengaku mengidolakan sejumlah pemain jebolan Monaco, seperti Thierry Henry, David Trezeguet dan Glenn Hoddle. 
 
4. Vladimir Putin
Presiden Rusia Vladimir Putin.
 
Olahraga utama Presiden Rusia ini adalah judo. Namun, Putin juga merupakan pecinta sepakbola. Pria 61 tahun ini adalah salah satu suporter Zenit St Petersburg. Mantan Perdana Menteri Rusia itu beberapa kali menyaksikan langsung pertandingan besar Zenit.
 
5. Barack Obama
Presiden Amerika Serikat, Barack Obama
 
Obama pernah menunjukkan keahliannya mengolah bola sepak ketika Los Angeles Galaxy mengunjungi Gedung Putih pada 2013 lalu. Namun, presiden kulit hitam pertama AS itu bukan fans LA Galaxy. Berdasarkan laporan The Telegraph, Obama merupakan pendukung klub Premier League, West Ham United.
 
Kecintaan Obama terhadap The Hammers kali pertama terjadi pada 2003. Ketika itu, Presiden yang pernah merasakan bangku sekolah dasar di Indonesia tersebut mengunjungi London dan hadir di markas West Ham, Upton Park.
 
6. Cristina Kirchner
Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner
 
Kirchner merupakan Presiden Argentina sejak 2007. Selain mendukung timnas Argentina, presiden wanita kedua Argentina itu juga pendukung setia klub Gimnasia La Plata. Kirchner merupakan pendukung Gimnasia sejak kecil. Pasalnya Presiden 61 tahun itu lahir di La Plata.
 
7. Luiz Inacio Lula Da Silva
Socrates Oliveira
 
Meski lahir di Caetes, Pernambuco, Lula ternyata pendukung setia Corinthians. Hal itu terjadi karena mantan Presiden Brasil itu pindah ke Sao Paulo sejak masih kecil. Bahkan, Lula pernah mendapat penghargaan khusus dari Presiden Corinthians, Andre Sanchez, dalam perayaan 100 tahun klub berjuluk Todo Poderoso tersebut. (rep05/vvc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index