Jepang Didera Gempa 6,5 SR

Jepang Didera Gempa 6,5 SR

TOKYO - Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) dilaporkan menerpa sebelah timur Jepang. Pihak berwenang setempat menyatakan tidak ada laporan bahaya tsunami usai gempa.

Menurut Badan Survei Geologis Amerika Serikat (USGS), kedalaman gempa mencapai 404 kilometer. Tidak ketahui apakah gempa menyebabkan kerusakan pada wilayah yang diguncang getaran.

"Titik pusat gempa berada di Pasifik, jaraknya sekira ratusan kilometer sebelah selatan Tokyo. Kami tidak melihat adanya risiko tsunami," ujar seorang pejabat Badan Cuaca Jepang, seperti dikutip okezone.com, Rabu (4/9/2013).

Gempa itu dihitung mencapai kekuatan 6,9 SR oleh seismologis Jepang. Meski pusat gempa jauh, warga di Tokyo dilaporkan merasakan getaran yang mengguncang gedung-gedung.

Juru Bicara operator pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima, Tokyo Electric Power (TEPCO) mengatakan, gempa tidak menyebabkan kerusakan berarti dari PLTN yang rusak akibat gempa dahsyat 2011 itu.

"Kami bisa mengkonfirmasi bahwa tidak ada kerusakan (usai gempa). Kru kami akan melakukan patroli di sekitar PLTN," menurut pihak TEPCO.

Gempa dahsyat 2011 lalu menyebabkan PLTN Fukushima mengalami kebocoran radiasi. Sekira 80.000 warga yang berada di sekitar PLTN dipindahkan ke tempat aman dan sempat mendorong Jepang ke dalam kondisi bahaya nuklir.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index