Dunia

Inggris Blokir Teknologi Jaringan 5G Milik Huawei

RIAUDAILY.COM - Inggris mengumumkan untuk memblokir teknologi jaringan 5G milik Huawei. Kabar tersebut diungkapkan kendati sebelumnya China memperingatkan aksi balasan jika London mengikuti jejak Amerika Serikat yang sudah lebih dulu memblokir Huawei.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dalam pertemuan dengan kabinet dan Dewan Keamanan Nasional mengharuskan perusahaan untuk berhenti membeli peralatan 5G buatan Huawei.

Pemerintahan Johnson memberlakukan larangan tersebut mulai 2021 dan berencana menghapus peralatan yang saat ini ada di pasaran pada akhir 2027 mendatang.


"Ini bukan keputusan yang mudah, tetapi ini adalah keputusan yang tepat untuk jaringan telekomunikasi Inggris, untuk keamanan nasional dan ekonomi," ujar Menteri Digital Inggris, Oliver Dowden kepada parlemen seperti mengutip AFP.


Pemblokiran ini disebut tidak berdampak pada penyedia teknologi 3G dan 4G di Inggris.

Dowden mengatakan pemblokiran ini membuat warga Inggris harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan akses teknologi 5G yang lebih cepat.

"Ini berarti penundaan kumulatif untuk peluncuran 5G dalam waktu dua hingga tiga tahun dengan biaya hingga 2 miliar poundsterling," ujarnya.

"Ini akan memiliki konsekuensi nyata untuk koneksi di mana semua konstituen kami bergantung."

Pemerintah Inggris mengatakan akan mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi 5G buatan Samsung, NEC, Nokia, dan Ericsson.


Johnson sebelumnya sempat membuat Marah Presiden AS Donald Trump lantaran tetap mengizinkan penggunaan teknologi 5G pada Januari lalu. Pemblokiran Inggris terhadap Huawei dipicu oleh sanksi AS pada Mei lalu yang mulai memblokir penggunaan cip teknologi 5G di Negeri Paman Sam.

Trump tetap mendesak Inggris untuk memblokir Huawei dengan mengatakan jika aktivitas intelijen Inggris dapat disadap atau dimanipulasi oleh China. Di sisi lain, Huawei selalu membantah tuduhan AS.(rep05)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : +6285355420264
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Riaudailycom Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan