Nasional

Bukan Hanya di Pekanbaru, di Palangkaraya juga Hujan Deras

Jakarta - Selain di Pekanbaru, hujan deras juga terjadi di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Hujan membuat konsentrasi partikulat (Pm10) atau indeks pencemaran udara turun drastis.
 
"Hujannya lebat," ucap Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Iskandar, Lukman kepada detikcom, Selasa (27/10/2015).
 
Hujan terjadi sore hingga jelang malam. Lukman mengatakan potensi turun hujan di Palangkaraya meningkat karena ada gejala konvergensi akibat pembelokan massa udara di langit Palangkaraya.  
 
"Jadi terbentuknya awan di Pangkaraya itu karena ada konvergensi pertemuan massa udara dan biasanya awan yang diakibatkan konvergensi itu tidak lama," paparnya.
 
Hujan sambung Lukman, akan terjadi dengan intensitas sangat deras namun tidak berlangsung lama. Hujan ini berdampak positif karena bisa menurunkan konsentrasi partikulat (Pm10) yang sangat drastis. Meski tetap saja levelnya berbahaya.
 
Data BMKG menyebut konsentrasi partikulat pada pukul 11.00 WITA berada pada angka 153,54 kemudian secara bertahap turun dan puncaknya karena hujan deras konsentrasi partikulat pada pukul 22.00 WITA tadi pada angka 674,14.
 
"Konsentrasi partikulat turun drastis, tapi tetap dalam berbahaya. Pm 10 nggak boleh lebih dari 350," ucap Lukman.(rep05)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]