SBY Mau Batalkan UU Pilkada, Mahfud: Itu Sia-sia

SBY Mau Batalkan UU Pilkada, Mahfud: Itu Sia-sia
Yogyakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD menilai sejumlah langkah yang akan diambil oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk membatalkan UU Pilkada bakal sia-sia. Salah satu contohnya, kata Mahfud, dengan menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).
 
"Kalau mengeluarkan Perppu, berisiko diuji materi lagi di Mahkamah Konstitusi (MK)," kata Mahfud di Yogyakarta, Senin, 29 September 2014. Selain itu, menurut Mahfud, penerbitan Perppu kemungkinan besar ditolak mayoritas anggota DPR dalam periode sidang kedua Oktober 2014. "Langkah yang tidak tepat, malah memanaskan situasi politik," kata dia.
 
Mengenai rencana SBY yang akan mengajukan uji materi terhadap UU Pilkada ke MK, Mahfud menolak memberikan pandangan. Yang jelas, Mahfud menilai, SBY tak punya legal standing atau alasan hukum, baik sebagai presiden maupun Ketua Umum Partai Demokrat, untuk menggugat UU Pilkada. "Lebih baik rakyat yang di luar (pemerintahan) yang menggugat," kata dia.
 
Alasan lainnya, menurut Mahfud, MK sudah mengeluarkan keputusan yang menyebutkan partai pemilik yang punya kursi di DPR tidak bisa mengajukan uji materi undang-undang. Dia memperkirakan gugatan UU Pilkada bisa diterima oleh MK dengan pemohon pihak selain SBY. "Kalau pun diterima, dia dikeluarkan dari daftar pemohon," kata Mahfud. (rep01/rol)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index