Kementerian Kominfo Gelar Flash Blogging di Pekanbaru

Selasa, 27 Maret 2018

Kasubdit Kemitraan Lembaga Media Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Sukatmi. membuka acara Flash Blogging dengan tema Menuju i

Pekanbaru (riaudaily.com) - Direktorat Kemitraan Komunikasi, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar Flash Blogging di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Selasa (27/03/2018).
 
Kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau  ini mengusung tema Menuju Indonesia Maju. Kegiatan Flash Blogging ini dibuka oleh Direktur Kemitraan Komunikasi, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik yang diwakili Kasubdit Kemitraan Lembaga Media Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Sukatmi.
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan capaian pemerintah seperti pembangunan guna mewujudkan indonesia lebih baik seperti pembangunan infrastruktur, telekomunikasi dan lainnya," sebut Sukatmi seraya menyampaikan, pesatnya pertumbuhan media sosial di Indonesia tidak diikuti dengan pengetahuan dan kesadaran bermedia sosial dengan bijak. Yang akhirnya, media sosial dilakukan sebagai wadah penyebaran konten negatif berupa hoax, ujaran kebecian dan radikalisme.
 
Dalam upaya menekan penyebaran konten negatif itu, ujar Sukatmi, pemerintah melalui Kementerian Kominfo telah melakukan pemblokiran. 
 
"Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap peserta mampu melakukan aktifitas untuk menuangkan hasil pikiran dalam bentuk tulisan di dalam blog dan media lainnya. Sehingga nantinya dapat menyebarkan pesan pesan positif ke seluruh masyarakat,'' tutur Sukatmi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau diwakili Kepala Bidang Pengelolaan dan Infrastruktur E-Government Hasmuri Hasan yang dalam sambutannya mengatakan , dengan perkembangan teknologi saat ini memaksa untuk ikut dalam perkembangannya dengan menjadikan teknologi ini sebagai wadah komunikasi dan informasi yang postif yang nantinya bisa dituangkan di dalam sebuah blog dan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat luas.
 
"Pemerintah Provinsi Riau menyambut baik kegiatan ini, semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat menambah wawasan dan menjadikan media blog sebagai pesan edukatif dan informatif bagi masyarakat serta mampu memahami peran sosial media dan blog bagi masyarakat," jelasnya.
 
Kegiatan Flash Blogging ini dihadiri oleh, Kasubdit Kemitraan Lembaga Media Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Sukatmi, Kepala Bidang Pengelolaan dan Infrastruktur E-Government Hasmuri Hasan, Kepala Bidang Layanan E-Government Diskominfotik Provinsi Riau Ekki Gaddafi serta pejabat di lingkungan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Riau, dengan  narasumber dari Tim Komunikasi Presiden Andoko Darta, Penggiat Blogger senior Enda Nasution, dengan peserta berjumlah 75 orang dari komunitas blogger Provinsi Riau seperti, Kota Dumai, Kabupaten Siak dan Bengkalis dan Pekanbaru. 
 
Dalam kegiatan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia juga melaksanakan forum dialog dan lomba penulisan blog bagi komunitas blogger di Provinsi Riau.
 
Direktur Kemitraan Komunikasi Direktorat Jenderal Informasi Komunikasi Publik Kemenkominfo Dedet Surya Nandika  sebagaimana dituangkan dalam surat nomor : 270/KOMINFO/DJIKP-5/HM.01.05/03/2018  tanggal 19 Maret  2018 menjelaskan, kegiatan ini bertujuan; pertama memberikan edukasi soal penting berkompetisi secara argumentatif  dalam bentuk penyajian tulisan; kedua terinformasikan upaya pemerintah dalam mewujudkan Indonesia yang maju.
 
"Forum dialog dan penulisan  blog ini mengangkat tema Menuju Indonesia Maju. Dan peserta berjumlah 75 orang dari komunitas blogger. Sementara narasumber berasal dari Tim Komunikasi Presiden dan Penggiat Blogger. Kegiatan ini dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama Ide kreatif menulis blog oleh Penggita Blogger Enda Nasution dan sesi kedua Sudut Istana dengan pembicara Tim Komunikasi Presiden Andoko Darta," beber Dedet.
 
Forum ini, kata Dedet, tidak saja dalam bentuk dialog, tapi juga diiikuti dengan lomba penulisan blog. Dan penulis yang akan diberikan penilaian dan akan diberikan apresiasi bagi penulis yang terbaik.(*/ron)