KBRI: Tidak Ada WNI Jadi Korban Gempa Chile

 KBRI: Tidak Ada WNI Jadi Korban Gempa Chile
Jakarta-Pejabat Konsuler di KBRI Santiago, Chile, Heru Purwanto menuturkan tidak ada satu pun WNI yang jadi korban gempa 8,2 SR pada Selasa malam, 1 April 2014. Heru menyebut, total terdapat 23 WNI yang tinggal dan bekerja di Chile.  
 
Menurut Heru, sebagian besar WNI tinggal dan bekerja di Zona Franca yakni daerah bebas perdagangan di Iquique. Daerah itu, ujar Heru, justru dekat dengan lokasi titik gempa yang berada di utara Chile. 
 
"Zona franca itu berada di dekat pantai. Tapi mereka semua dalam keadaan aman, karena telah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi," kata Heru saat dihubungi VIVAnews pada Rabu, 2 April 2014. 
 
Heru menambahkan, karena Chile merupakan daerah langganan gempa, peringatan bencana itu sudah diinformasikan jauh-jauh hari oleh pemerintah. Sejak satu pekan sebelum terjadi gempa, penduduk sudah mengungsi ke zona aman. 
 
"Mereka sudah diinformasikan sebelumnya oleh pemerintah daerah bahwa akan terjadi gempa sejak satu minggu lalu. Karena beberapa pekan sebelumnya kan Chile juga dilanda gempa berkekuatan 7,0 SR," imbuh Heru. 
 
Menyadari hal tersebut, pihak KBRI, kata Heru, meminta agar semua WNI berhati-hati. Sementara situasi berbeda dirasakan di ibukota Santiago tempat gedung KBRI berada. Heru menuturkan getaran gempa tidak dirasakan di kota Santiago.
"Sejauh ini tidak ada gedung yang runtuh. Sebagian hanya terlihat retak," ujar dia. 
 
Namun, dia membenarkan aliran listrik masih terputus dan beberapa operator telepon seluler mati. Lima orang dilaporkan tewas akibat tertimpa reruntuhan. Beberapa warga lainnya luka serius.
 
Sebanyak 10 ribu warga telah dievakuasi dari lokasi yang paling parah terkena dampak gempa. Stasiun televisi setempat menyiarkan gambar kemacetan parah di jalan-jalan, karena warga mencoba lari ke tempat yang lebih tinggi. 
 
Getaran gempa ini ikut terasa hingga ke Peru dan Bolivia. Sementara peringatan tsunami diberikan selain kepada Chile, juga ke Peru, Ekuador, Columbia dan Panama. Peringatan tsunami dicabut di beberapa negara, kecuali Peru dan Chile. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index