Ini Dia 22 Klub yang Lolos Verifikasi PSSI

 Ini Dia 22 Klub yang Lolos Verifikasi PSSI
JAKARTA-PSSI akhirnya merilis nama-nama tim yang bakal berpartisipasi di unifikasi liga musim depan. Sebanyak 22 tim dipastikan lolos sementara tiga tim dinyatakan gagal lolos verifikasi.
 
Anehnya, juara playoff Indonesian Premier League (IPL) 2013 Pro Duta jadi salah satu klub yang tak lolos verifikasi. Sedangkan klub-klub yang sampai hari ini masih menunggak gaji pemain seperti Persija Jakarta justru lolos.
 
Awalnya, PSSI menetapkan bahwa syarat untuk dapat berlaga di liga unifikasi musim depan adalah terpenuhinya lima aspek verifikasi, yakni finansial, infrastruktur, legal, administrasi, dan sporting (pembinaan usia muda). Namun karena tidak ada satu pun yang lolos verifikasi, maka Exco PSSI hanya fokus pada dua aspek verifikasi, yakni infrastruktur dan finansial.
 
"Dari lima aspek verifikasi, tidak ada satupun klub yang lolos verifikasi. Namun Exco memutuskan beberapa tahap dengan pertimbangan bahwa kompetisi 2014 harus dijalankan. Kepesertaan harus dilalui untuk menjaga integritas dan kualitas. Maka Exco memfokuskan kepada dua aspek prioritas, yaitu infrastruktur dan finansial," kata Sekjen PSSI, Joko Driyono di Hotel Sultan, Selasa (10/12) malam.
 
22 klub yang telah diumumkan lolos verifikasi untuk liga unifikasi musim depan belum dapat bernafas lega karena PSSI baru akan menentukan jumlah akhir peserta kompetisi pada 17 Desember mendatang atau saat tenggat waktu yang diberikan PSSI untuk menyelesaikan aspek finansial dan aspek lainnya selesai.
 
Exco memutuskan aspek finansial perlu pendalaman, karena PSSI menerima catatan yang tidak bersumber dari klub saja. Melainkan dari pemain dan media, yang bisa berdampak pada kesalahan dalam pengambilan keputusan. "Oleh karenanya, ke-22 klub itu belum tentu ikut kompetisi jika validitas keuangannya gagal," tambahnya seperti dilansir Wearemania.net.
 
Terkait klub-klub yang tidak lolos verifikasi, PSSI memberi waktu selama sepekan untuk melakukan banding. "25 klub boleh banding sampai satu minggu ke depan. Tapi banding ini tidak ada tambahan yang disampaikan. Mereka hanya diberikan kesempatan untuk menjelaskan misalnya mungkin ada data yang keliru atau seperti apa," ujar Joko.
 
Berikut 22 tim yang lolos verifikasi PSSI (sementara) untuk liga unifikasi musim depan:
 
Sriwijaya FC, Persita Tangerang, Persiba Balikpapan, Persija Jakarta, Persib Bandung, Pelita Bandung Raya, Persisam Samarinda, Mitra Kukar, Barito Putera, Persiram Rajaampat, Persipura Jayapura, Persela Lamongan, Arema Indonesia, Persepam Madura, Gresik United, Persebaya Surabaya, Perseru Serui, Persik Kediri, PSM Makassar, Semen Padang, Persijap Jepara, dan Persiba Bantul.
 
Sementara tiga tim yang dinilai tak memenuhi aspek yang disyaratkan PSSI adalah Pro Duta, Perseman Manokwari dan Persepar Palangkaraya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index