Pepadi Datangkan Dalang Cilik Indonesia

Pepadi Datangkan Dalang Cilik Indonesia
PEKANBARU - Aditya (10 tahun), jawara Dalang Cilik se-Indonesia akan tampil di sarasehan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Riau, malam ini, Sabtu (7/12) di Hall Badminton Satria, Jalan Melati, Kelurahan TangkerangTimur, Tanayan Raya. Dalang asal Pacitan itu, akan menunjukkan kepiawaiannya yang mengangkat lakon 'Petrok Dadi Ratu'. 
 
Demikian dikatakan Ketua Panitia Penyelenggara, Bagus Santoso, Kamis (6/12). Menurutnya, sarasehan Pepadi Riau akan diikuti sekitar 35 dalang yang ada di Riau, 100 orang pengrawit dan 18 pesinden. "Ketua Umum Pepadi pusat Bapak Eko Cipto juga akan hadir di acara yang ditaja masih bersempenaan dengan bulan Suro atau Muharam," ujar anggota DPRD Riau ini.
 
Dihadirkannya Aditya dalam perhelatan yang mengangkat tema 'Dalang ngumandang arumeng budaya' ini disebutkan Bagus untuk menghiburkan masyarakat Jawa yang ada di Riau. Banyak masyarakat Jawa khususnya pecinta kesenian wayang yang merasa penasaran atas kepiawaian Aditya memerankan lakon wayang kulit. Selain itu juga untuk menunjukkan masyarakat bahwa kesenian Jawa, wayang masih diminati oleh generasi bangsa.      
 
Lebih lanjut disebutkan, sarasehan  ini akan menghadirkan narasumber Dodi Sarjana (Pemred Tribun Pekanbaru), Kadis Parawisata, Seni dan Budaya Riau dan Bagus Santoso selaku Ketua komisi D yang komit melestarikan budaya bangsa.
 
Sementara itu Ketua Pepadi Riau, H Suradi Paijan menyebutkan, selama ini Pepadi cukup komit dalam pengembangan pedalangan di Riau. "Kita (Pepadi,red) sering mengadakan pertunjukan wayang hingga ke daerah-daerah. Dalam setiap pertunjukan, selain mengusung lakon-lakon kesatria yang ada di wayang, kami juga tetap memasukkan unsur-unsur kemelayuan. Karena prinsip kami 'Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung'," kata Suradi. dilansir metro riau. (rep10)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index