wow, Petir Bisa Dipakai Sebagai Pengisi Daya Ponsel

 wow, Petir Bisa Dipakai Sebagai Pengisi Daya Ponsel


London - Para ilmuwan di Inggris tengah mengujicobakan pengisian daya telepon genggam atau ponsel dengan menggunakan tenaga petir. Seperti apa?

Sejumlah konsep percobaan dilakukan para ilmuwan di Universitas Southampton, Inggris, bekerjasama dengan produsen ponsel Nokia. Memanfaatkan alam dengan cara ini bisa menyediakan sumber daya listrik ketika suplai terbatas, kata para ahli.

Menggunakan transformator, tim ilmuwan itu menciptakan petir di laboratorium dengan daya 200 ribu volt melintasi celah udara selebar 30 cm.

"Kami kagum melihat bahwa sirkuit Nokia menstabilkan sinyal gangguan dan memungkinkan baterai terisi. Penemuan ini membuktikan perangkat ponsel dapat diisi dengan arus yang melewati udara, dan merupakan langkah besar menuju pemahaman kekuatan alam seperti petir dan memanfaatkan energinya," kata Neil Palmer, ilmuwan yang juga pakar elektronik dari Universitas Southampton, seperti dilansir BBC.

Petir adalah keluarnya listrik statis yang terjadi ketika ada ketidakseimbangan dalam muatan listrik antara awan dan permukaan Bumi. Rata-rata tiga orang meninggal setiap tahun di Inggris akibat sambaran petir.

"Kami jelas tidak merekomendasikan orang melakukan percobaan ini di rumah, tapi kami selalu mencari cara untuk mengubah batasan teknologi," ujar Chris Weber dari Nokia.

Menemukan cara baru mengisi ponsel dan memperpanjang hidup baterai adalah salah satu prioritas bagi industri telepon selular.

"Nokia termasuk pelopor perangkat pengisian daya teknologi selama beberapa lama. Penemuan ini juga sangat membantu komitmen menjaga lingkungan. Dan tentunya ini adalah ide penting," kata Ben Wood, analis perusahaan CCS Insight, seraya menyebutkan bahwa konsep ini mungkin akan berguna di daerah tanpa adanya listrik yang dapat diandalkan. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index