Menperin: Kampanye Negatif NGO Asing Harus Dilawan

 Menperin: Kampanye Negatif NGO Asing Harus Dilawan

Pekanbaru-Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengajak semua pihak, terutama kalangan pengusaha nasional, untuk menggunakan momen Konfrensi APEC di Bali pada Oktober mendatang sebagai sarana untuk melawan kampanye negatif terhadap produk industri tanah air di pasar global.

"Perlu ada suara sececara kolektif, jangan tereduksi kepentingan bisnis salah satu perusahaan, untuk Indonesia Inc. (incoperation)," kata kata Gita Wirjawan  pada Rakernas Kadin Bidang Agribisnis, Pangan bersama Bidang Lingkungan Hidup, Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan di Pekanbaru, Senin, (16/9).

Seperti diketahui, komoditas andalan nasional seperti minyak sawit mentah (CPO) dan produk industri kehutanan Indonesia seperti kertas dan bubur kertas, terus mendapat kampanye negatif dari LSM asing di pasar internasional. Menurut dia, konfrensi APEC merupakan momentum yang tepat untuk menyuarakan dan mempromosikan bersama untuk melawan isu negatif tersebut.

"Kita counter bersama isu kampanye negatif, pada konfrensi APEC di Bali pada awal Oktober nanti," tegasnya.

Sedangkan, menurut Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan gerakan ekonomi hijau tidak bisa ditawar lagi untuk bisa segera diterapkan di Indonesia. Sebab, ketika industri kehutanan sekali tidak menerapkan manajemen ramah lingkungan, maka masyarakat dunia akan langsung mengutuk pemerintah Indonesia.

"Sekali satu harimau mati di Taman Nasional Tesso Nilo, dunia asing langsung memprotes pemerintah. Sampai bintang film Harrison Ford mendatangi saya," kata Zulkifli Hasan.
    
Sementara itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan pemerintah akan terus mempromosikan sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) ke masyarakat internasional sebagai bukti produk sawit nasional ramah lingkungan.


"Kita sudah punya ISPO, dan akan kita terus promosikan," katanya (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index