Riau

Penerima BLSM II di Riau Berkurang 5.000 RTS


PEKANBARU-Penyaluran dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap II di Provinsi Riau mulai diberikan, Kamis (5/9) kemarin. Penyaluran dilakukan di sejumlah Kantor Pos di masing-masing kabupaten/kota.

Menurut Kepala Kantor Pos Pekanbaru, Slamet, jumlah penerima BLSM tahap II mengalami penurunan sekitar 5.000 Rumah Tangga Sasaran (RTS) dibandingkan penerima tahap I. "Pengurangan terjadi pada RTS di lima daerah, yakni; Pekanbaru, Pelalawan, Siak, Kampar, dan Rokan Hulu," kata Slamet di kantornya, Kamis (5/9).

Pada tahap I, penerima BLSM di kelima daerah itu mencapai 93.343 RTS. Sedangkan penerima tahap II berjumlah 88.343 RTS. "Data penerima BLSM tahap II telah diperbaiki sehingga terjadi pengurangan dan penggantian nama penerima dari yang tidak berhak kepada penerima yang berhak," terang Slamet.

"Validasi data penerima BLSM, terjadi karena penerima telah meninggal dunia, atau pindah tempat tinggal, tidak lagi miskin, dan sebab lainnya," lanjut Slamet.

Selain itu, katanya, berdasarkan jadwal dari pusat, pembagian BLSM tahap II seharusnya dimulai Senin (2/9) kemarin lusa. "Namun, karena di Riau akan dilaksanakan Pemilukada Provinsi pada tanggal 4 September, maka diundur menjadi hari ini, Kamis," terang Slamet.

Slamet berharap penyaluran BLSM tahap II berjalan lancar dan aman. "Proses pembagiannya diserahkan kepada kantor pos di tiap kabupaten/kota," katanya.

Penyaluran BLSM tahap II ini disambut gembira oleh warga Pekanbaru. Pasalnya, dana bantuan kompensasi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi sebesar Rp300 ribu per dua bulan yang diterima dirasa sedikit di tengah-tengah kenaikan harga kebutuhan pokok akhir-akhir ini.

Misalnya, Dasnianti (50) mengaku uang yang akan diterimanya akan digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Warga Jalan Pangeran Hidayat, Pekanbaru, ini juga menyebut uang tersebut akan digunakan menambah modal dagang sayur kelilingnya.

Sekedar informasi, penerima BLSM tahap II di Pekanbaru terjadi peningkatan 9.081 RTS, dari 12.137 RTS di tahap I menjadi 21.218 RTS. Jumlah uang yang diterima tiap keluarga Rp300 ribu yang merupakan bantuan untuk bulan Agustus dan September. (rep05/mtr)
 


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]