Riau

Puncak Arus Mudik di Pekanbaru Diperkirakan H-7 dan H-6


PEKANBARU - Puncak arus mudik dari Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru di perkirakan akan terjadi pada H-7 dan H-6 dengan tujuan utama, Bengkalis, Siak dan Selat Panjang.

Kepala Pos Syahbandar Pelabuhan Sungai Duku, Nuriyadi mengatakan, diperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-7 dan H-6 mendatang, "Kita dibantu Dinas Perhubungan, Polisi Air (Polair), dan TNI. Ini merupakan langkah untuk menciptakan suasana kondusif bagi penumpang dan menghindari tindak kejahatan," papar Nuriyadi, Selasa (23/7).

"Perkiraan kami, puncak arus mudik dari pelabuhan sungai duku akan terjadi pada H-7 dan H-6, namun belum ada informasi dari masing-masing Po untuk penambahan armada. Untuk saat ini armada di Pelabuahan Sungai Duku kurang lebih sekitar 18 unit armada jenis speedboat.

Informasi yang sudah pasti ada penambahan baru dari kapal Jelatik tujuan Pekanbaru - Selatpanjang," ujar Nuriyadi, Selasa (23/7).

Ditambahkanya, untuk kondisi saat ini di Pelabuhan Sungai Duku masih sama seperti hari biasanya. Artinya, belum ada peningkatan jumlah penumpang, untuk masalah harga tiket belum ada kenaikan, karena belum adanya rapat kordinasi dengan Dinas Perhubungan.

Sementara untuk sarana dan prasarana pelabuhan secara umum sudah siap. Hal ini termasuk harga tiket. "Harga tiket belum ada kenaikan masih stabil. Sementara fasilitas pelabuhan sudah siap semuanya. Termasuk keterlibatan pihak terkait seperti, pengamanan dari polisi air, dan pos kesehatan uji petik terpadu," ujarnya.

Dijelaskannya, harga tiket masih menggunakan harga lama. Misalnya Porti Exspress tujuan Pekanbaru-Selatpajang mematok harga Rp120 ribu, Meranti Exspres tujuan Pekanbaru-Selatpanjang Rp150 ribu Alita Exspres jurusan Pekanbaru-Bengkalis Rp150 ribu, Siak Wisata Exspres Rp67 ribu.

Sementara, warga Jalan Pembangunan Kelurahan Bukit Raya Marpoyan Damai, Yahya (23) dijumpai Metro Riau, Selasa (23/7), menyebutkan bahwa ia membooking tiket untuk keberangkatan H-5 dengan menggunakan speetboot Meranti, dengan tujuan Selatpanjang, seharga Rp150 ribu.

"Takud kehabisan tiket makanya saya booking sekarang. Naik speedboat Meranti karena cepat dan nyaman, untuk ongkos masih sama seperti tahun lalu," tutupnya. (rep05)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]