Pemkab Bengkalis Ingat Calon Praja IPDN tak Percaya Calo

Pemkab Bengkalis Ingat Calon Praja IPDN tak Percaya Calo

BENGKALIS-Pemkab Bengkalis mengingatkan masyarakat terutama yang mengikuti test penerimaan CPNS calon Praja IPDN untuk tidak terpedaya dengan oknum yang mengaku bisa menjamin kelulusan dalam penerimaan praja IPDN dengan imbalan tertentu. Praktek-praktek seperti itu jelas adalah penipuan.

“Karena untuk dapat lulus dalam seleksi CPNS calon praja IPDN, ditentukan oleh kemampuan seseorang dalam mengikuti test yang ditetapkan oleh panitia seleksi di Pusat,” ujar kepala BKD Bengkalis melalui Sekretaris BKD, H Noor Alamsyah, Minggu (14/7).

Dikatakan, hal Itu perlu menjadi perhatian masyarakat, karena kesempatan penerimaan CPNS apalagi sepeetu praja IPDN sering dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggungjawab untuk mencari keuntungan dengan mengaku bisa menjamin kelulusan.

"Kelulusan seseorang ditentukan oleh hasil tetst seleksi yang sudah ditetapkan panitia, seperti  kompetensi dasar (TKD) yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, Test kesehatan dan kesamptaan oleh tim yang ditunjuk oleh gubernur di ibukota propinsi. Kemudian tes psikologi oleh Dinas Psikologi TNI AD dan tes integritas dan kejujuran oleh KPK," kata Alam.

Dikatakan, hingga jadwal penutupan penerimaan yakni tanggal 13 Juni 2013, lamaran yang masuk ke BKD atau yang mendaftar sebanyak 45 berkas. Berkas lamaran ini akan dikirimkan BKD Bengkalis ke propinsi untuk proses seleksi berikutnya.

"Hanya sebatas itu tugas kita dalam penerimaan CPNS calon praja IPDN ini. Namun demikian kita tettap akan menghubungi pelamar kalau ada informasi yang harus disampaikan kepada para pelamar. Karena itu kita minta nomor handphone pelamar yang dicantumkan di berkas lamarannya harus diaktifkan," ujar Alam.

Menyinggung tentang minimnya jumlah pelamar padahal tenggang waktu pendaftaran cukup panjang yakni mulai 1 - 13 Juni, apa hal ini disebabkan image yang sudah terbangun di masyarakat jika penerimaan CPNS calon praja IPDN hanya formalitas, padahal sesungguhnya sudah diperuntukkan bagi orang-orang tertentu.

"Tak benar itu, karena diperuntukkan bagi masyarakat luas lah,makanya pengumuman penerimaan dilakukan secara terbuka," katanya.

Ia tak menjelaskan berapa orang kuota untuk kabupaten tahun ini. Namun yang pasti pada 2012 lalu jatah untuk Bengkalis sebanyak 14 orang. "Tahun ini kita belum tahu berapa orang yang diterima. Bisa saja kurang atau sama dengan jumlah tahun lalu. Mudah-mudahan dapat lebih dari 2012," ujar Alam lagi. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index