Mahasiswa UIR Kukerta ke Malaysia dan Thailand

Rektor: Terapkanlah Teori-Teori yang Telah Saudara Dapatkan di Bangku Kuliah

Sebanyak 121 mahasiswa UIR diberangkatkan kukerta di tiga provinsi dan di luar negeri, yakni Malaysia dan Thailand.

Pekanbaru, RiauDaily.Com - Sebanyak 121 mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) diberangkatkan untuk Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di tiga provinsi di Indonesia dan di dua negara di luar negeri, yakni Malaysia dan Thailand. 

Ratusan mahasiswa tersebut berasal dari Fakultas Agama Islam dari berbagai program studi. 

Selain itu Fakultas Pertanian juga melepas 147 mahasiswanya mengikuti kuliah kerja lapangan ke-13 perusahaan di Provinsi Riau.

Dekan Fakultas Agama Islam, Dr H Zulkifli Rusby ME Sy menyebutkan, kukerta di dalam negeri akan dimulai pada 5 Juli dan berakhir 5 September 2018. Sementara kukerta di luar negeri terhitung sejak 4 Juli 2018 sampai 4 Agustus 2018. Adapun di dalam negeri, fakultas menempatkan mahasiswanya di tiga provinsi masing-masing Kecamatan Sekupang (Kepulauan Riau), Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir, Kecamatan Kuala Kampar dan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan, dan di Batu Sangkar Provinsi Sumatera Barat. Khusus untuk luar negeri, kata Zulkifli, mahasiswa kukerta ditempatkan Pattani (Thailand) dan di Perlis, Kedah, Kuantan Pahang dan Johor (Malaysia).

Kegiatan ini, menurut Dekan Zulkifli, bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi kelulusan mahasiswa agar setelah mereka selesai mengikuti pendidikan di UIR benar-benar siap mengabdi untuk kepentingan masyarakat. 

''Program kukerta sudah terschedule dalam kalender akademik dan harus diikuti oleh setiap mahasiswa yang berada di semester akhir. Saya berpesan, laksanakan tugas pengabdian sebaik mungkin, berbaur dengan masyarakat dan jaga selalu nama baik Universitas Islam Riau,'' tandas Zulkifli di Kampus UIR Pekanbaru usai mendampingi Rektor UIR Prof. Syafrinaldi melepas mahasiwa Senin (02/07/2018).

Hal senada juga ditegaskan Dekan Fakultas Pertanian Dr H Ujang Paman. Dijelaskan, 147 mahasiswa Pertanian yang mengikuti PKL tahun ini akan ditempatkan di 134 perusahaan. Ke-13 perusaan ini semuanya berbasis pertanian baik yang berdomisili di Provinsi Riau maupun di luar Riau. Mereka berasal dari Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis. Adapun perusahaan tersebut antara lain PT. First Resources, PT Arara Abadi (Sinarmas Group), PT RAPP, PT. Perkebunan Nusantara V. Perusahaan di luar Provinsi Riau yang menerima mahasiswa Pertanian PKL adalah PT Unggul Mekarsari di Jawa Barat dan Pos Pelayanan Teknologi Payakumbuh, Sumatera Barat.

''PKL merupakan kegiatan rutin mahasiswa Faperta yang dilakukan setiap di awal tahun ajaran dengan durasi waktu satu sampai dua bulan. Jumlah mahasiswa tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya. Begitu juga dengan jumlah perusahaan yang menerima. Ini membuktikan Faperta UIR semakin dipercaya oleh perusahaan-perusahaan di Riau dan di luar Riau. Harapan kita, setelah mahasiswa selesai PKL mereka dapat bekerja di perusahaan tempat magang,'' ungkap Ujang Paman.

Harapan serupa disampaikan Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL. Dalam sambutannya saat melepas mahasiswa kukerta, Rektor berharap mahasiswa dapat mengikuti kegiatan akademik ini dengan baik. 

''Selamat mengabdi. Semoga program-program yang telah saudara rencanakan berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat. Berfaedah pula bagi perusahaan tempat Saudara magang. Gunakan waktu selama kukerta dan PKL untuk menimba ilmu dan pengalaman. Terapkanlah teori-teori yang telah Saudara dapatkan di bangku kuliah di tengah masyarakat. Buatlah selalu masyarakat terkesan dengan kegiatan Saudara,'' tandas Rektor.

Banyak kesempatan besar baik di desa maupun di perusahaan untuk mengimplementasikan ide dan gagasan dalam pengembangan potensi. Juga bakat dan kemampuan. Ide dan inovasi yang dikembangkan tersebut, kata Rektor, sangat diperlukan oleh masyarakat. Ini selain merupakan peluang sekaligus kesempatan bagi Saudara, kata Rektor.(*/ron)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]