Sosialita

Hebat, Kilau Batu Akik Kini Mulai Saingi Emas

MEDAN – Batu akik sebagai batu mulia memang belum memiliki standar harga seperti berlian. Namun bukan berarti batu permata ini tak bisa dijadikan sarana untuk berinvestasi.
 
Keunikan bentuk dan corak batu akik diyakini akan mampu membuat harga jual batu akik semakin tinggi seiring waktu berjalan. Bahkan saat ini harganya ada yang mencapai miliaran Rupiah.
 
"Seninya batu akik itu di situ. Kadang menurut kita bagus, namun harganya murah. Kadang menurut kita jelek, tapi harganya malah mahal. Jadi tergantung orangnya," kata Daniel, seorang penjual batu akik di Palladium Plaza Medan, Jumat (30/1/2015) kemarin.
 
Daniel mengaku, saat ini banyak masyarakat yang masih memilih berinvestasi emas. Namun, peluang untuk meraih keuntungan besar dalam berinvestasi batu akik ini diyakini jauh lebih besar, khususnya di tengah kembali trennya penggunaan perhiasan bertahtakan batu akik.
 
“Kalau tidak percaya, coba saja beli batu akik yang berkualitas bagus. Harganya bisa mencapai Rp100 juta saat ini. Lalu simpan beberapa bulan, maka harganya akan mencapai dua kali lipat. Saya sudah buktikan itu," ungkapnya. 
 
Daniel melanjutkan, dia pernah menyimpan batu jenis cempaka madu seharganya Rp50 ribu, namun sekarang harga batu tersebut sudah mencapai Rp300 ribu per buahnya. "Cuma beberapa bulan itu, bayangkan berapa kali lipat naiknya,”tukasnya.
 
Meski demikian, dia mengimbau agar masyarakat yang hendak berinvestasi di perhiasan batu akik untuk memilih batu secara benar. Karena di tengah menggilanya penjualan perhiasan bertahtakan batu akik ini, banyak pula pihak yang melakukan penipuan.
 
“Kalau batu akik ini enggak bisa sekedar ikut tren. Kita musti hati-hati dan ikut belajar mengenali jenis-jenis batu. Menarik kok mengenal batu-batu itu,” tutupnya. (rep05)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]