Jumlah Penduduk Dumai Capai 316.668 Jiwa

Jumlah Penduduk Dumai Capai 316.668 Jiwa

Dumai - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai Riau menyatakan jumlah penduduk di daerah ini per 31 Desember 2014 lalu telah mencapai sebanyak 316.668 jiwa.

Kepala Disdukcapil Dumai Suardi menyebutkan, jumlah angka ini berdasarkan pelayanan dokumen administrasi kependudukan yang dilaksanakan tujuh pemerintah kecamatan (Pemcam) di kota tersebut.

"Jumlah ini belum fit karena harus diproses konsolidasi oleh pihak Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri," katanya kepada pers, Senin.

Dia menjelaskan, kepastian jumlah penduduk ini nanti akan dirilis oleh Kemendagri tiap semester setelah melalui proses konsolidasi database kependudukan se-Indonesia.

"Semester pertama datanya akan dikeluarkan pada Juni dan kedua di bulan Desember," terangnya.

Menurutnya, Kemendagri terakhir merilis jumlah penduduk daerah berjuluk "mutiara pantai timur sumatera" ini pada Maret 2013 dengan total 279.911 jiwa.

Pendataan jumlah penduduk tersebut selanjutnya diolah secara berkelanjutan hingga 2005, bertujuan agar terhindar dari data ganda.

"Data bersih tersebut diambil berdasarkan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga penduduk," ucapnya.

Sebagai perbandingan, pada 2013 lalu diketahui jumlah penduduk berdasarkan pelayanan di kecamatan berjumlah 302.872 jiwa, dan bisa disimpulkan bahwa pada 2014 bertambah sekitar 14 persen.

"Sedangkan persentase kepadatan penduduk ialah 7,22 per kilometer persegi," ujarnya.

Dia menyatakan, peningkatan penduduk tiap tahun dirasakan berkembang pesat, namun tetap masih harus menunggu kepastian jumlah penduduk yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah pusat. (cr01/ant)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index