Pemkab Bengkalis Ajak Warga Jaga Lingkungan

 Pemkab Bengkalis Ajak Warga Jaga Lingkungan

BENGKALIS–Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Ajakan tersebut disampaikan Bupati Bengkalis melalui Asisten I Setdakab Bengkalis, H Burhanuddin pada acara sepeda santai yang ditaja Badan Lingkungan Hidup, Minggu (16/6).

Kegiatan yang diselenggarakan sempena Hari Lingkungan Hidup tersebut, menurut Burhanuddin merupakan bagian dari upaya menumbuhkan budaya hidup sehat dengan menjaga kelestarian lingkungan. "Mari kita mulai dari diri kita sendiri dan keluarga menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan," ujar Burhanuddin.

Menjaga lingkungan menurut Burhanuddin bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, melainkan juga seluruh lapisan masyarakat. Untuk itu, peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan akan sangat mendukung program Pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang sehat, aman dan nyaman.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bengkalis H Huzaini usai acara kepada wartawan mengatakan, kegiatan jalan santai yang dilaksanakan pada saat ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi dari BLH dalam menghemat energi. Masyarakat diajak untuk terbiasa melakukan hal-hal yang bisa mengurangi pemakaian energi.

"Dengan menghemat energi, maka masyarakat tidak hanya bisa menghemat biaya melainkan juga mengurangi dampak pemakaian energi itu sendiri terhadap lingkungan. Apalagi dalam waktu dekat akan terjadai kenaikan BBM, maka langkah-langkah penghematan energi hendaknya mulai dibiasakan dan menjadi pola hidup sehari-hari," kata Huzaini.

Seyogyanya, sambung Huzaini lagi, peringatan Hari Lingkungan Hidup tersebut melibatkan para perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bengkalis. Namun, dengan keterbatasan waktu dan personil hal itu belum bisa dilakukan. “Terlepas dari itu semua, peran aktif perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup juga perlu ditingkatkan. Seperti disampaikan tadi bahwa tanggung jawab menjaga kelestarian lingkungan hidup adalah tanggung jawab kita semua,” katanya.

Tema peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2013 menurut Huzaini adalah Think, Eat and Save. Tema tersebut menitiberatkan pada perilaku hidup masyarakat sehari-hari yang secara sadar atau tidak lebih banyak membuang sisa-sisa makanan. Menurut
Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), setiap tahun 1,3 miliar ton makanan yang terbuang. Hal ini setara dengan jumlah yang sama yang diproduksi di seluruh sub-Sahara Afrika. Pada saat yang sama, 1 dari setiap 7 orang di dunia pergi tidur lapar dan lebih dari 20.000 anak di bawah usia 5 mati setiap hari karena kelaparan.

"Mari kita pikirkan apa yang kita makan, jangan berlebih-lebihan dan minimalisir memakan makanan yang lebih banyak menghasilkan sampah. Pilih makanan yang memiliki kurang dari dampak lingkungan, seperti makanan organik yang tidak menggunakan bahan kimia dalam proses produksi," ujarnya seperti dilansir metroriau.

Kegiatan sepeda santai mengambil start di depan Lapangan Tugu Jalan Sudirman, selanjutnya ke Jalan Bengkalis, Jalan Bantan, Jalan Antara, Jalan Wonosari Tengah, Jalan Ahmad Yani, Jalan Hang Tuah, Jalan Sultan Syarif Kasim dan finish di depan Lapangan Tugu.

Kegiatan ini menyediakan hadiah utama dua sepeda motor, kemudian 1 unit sepeda gunung, satu unit sepeda elektrik, 1 unit TV plasma 52 inch, 1 buah kulkas dan puluhan hadiah menarik lainnya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index