17 November, Jembatan Siak III akan Dites Beban

 17 November, Jembatan Siak III akan Dites Beban
Pekanbaru-Setelah melewati proses yang panjang, akhirnya ‎penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) loading tes rampung dan Pemerintah Provinsi Riau bersama Tim Ahli, Waskita dan Kementerian Pekerjaan Umum akan melaksanakan tes beban Jembatan Siak III tanggal 17 November mendatang. 
 
Informasi itu diutarakan Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Riau, Syafril Buchari, Sabtu (1/11) di Pekanbaru. Menurutnya, penyelesaian SOP disesuaikan dengan target akhir Oktober yang telah disusun.
 
Ia menilai, jeda waktu yang tersedia akan dimanfaatkan untuk melakukan persiapan dan penyampaian paparan ke Tim Ahli di Jakarta. Poin tersebut menjadi sorotan, agar tidak terjadi hal-hal yang negatif saat sarana infrastruktur itu kembali dibuka untuk umum. 
 
‎''Alhamdulillah SOP nya sudah selesai. Dari rangkaian time skedjule yang kita susun dirancang uji beban dilakukan tanggal 17 November. Insyallah tidak akan ada kendala lagi,'' ungkapnya. 
 
Syafril menilai, sebelum melakukan uji beban, pihaknya meminta persetujuan dengan tim ahli yang dijadwalkan tanggal 13 November. Nantinya berbagai pihak akan kita libatkan agar tidak ada lagi kekhawatiran saat membuka jembatan Siak III itu. 
 
''Saya juga sebagai warga Rumbai berharap jembatan Siak III dapat segera dibuka. Tapi kita tentunya tidak ingin gegabah, semua tahapan dan proses harus dilalui secara benar, begitu juga dengan saran dan masukan dari tim ahli,'' terang Syafril.
 
Untuk mematangkan persiapan uji beban tersebut, pihak Dinas Bina Marga Provinsi Riau juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Bahkan, Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum SF Hariyanto dan Mantan Kabid Bina Marga, Ahmad Ismail juga telah memberikan masukan untuk kondisi Siak III. 
 
''Bagaiamanapun beliau yang mengikuti dari awal proses perbaikan tersebut. Kita juga banyak mendapat masukan, sekarang intinya bagaimana jembatan Siak III itu dibuka tanpa adanya permasalahan. Bahkan, kita juga mengajak perwakilan komisi D DPRD Riau untuk mendengar langsung tanggapan tim ahli dari Jakarta saat Ekspos tanggal 13 November mendatang. 
 
Ditempat berbeda, Staf Ahli Gubernur Riau, SF Hariyanto yang juga Mantan Kadis PU Riau saat dikonfirmasi Riau Pos bersedia memberikan masukan dalam menggesa loading tes jembatan Siak III. ''Prinsipnya saya siap mendukung, saya juga telah berkali-kali ikut rapat membahas hal tersebut dengan Dinas Bina Marga. Salah satu hal yang penting itu adalh meminta izin dan saran dari tim ahli, karena mereka yang selama ini mengawal proses perbaikan Siak III,'' urai Hariyanto. (rep05/mcr)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index