Selamatkan Sungai Jangkang

Dewan Gandeng Warga Tanam Ribuan Bibit Bakau

Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan

BENGKALIS - Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra “Eet” Gunawan menggandeng warga melakukan aksi penanaman bakau di Dusun Mentalus, Desa Jangkang, Kecamatan Bantan akhir pekan lalu. Ribuan bibit bakau ditanam untuk menjaga kelestarian ekosistem sungai Jangkang yang berada di sekitar Dusun Mentalus.

Sebelumnya, pinggiran sungai Jangkang atau di sekitar dusun Mentalus Permai memang ditumbuhi bakau alami, hanya saja tumbuhnya semrawut dan tidak terawat dengan baik. “Tujuan utamanya bukan menahan sungai ini dari abrasi, karena di daerah ini kecil kemungkinan terjadi abrasi. Tujuan utama adalah menjaga ekosistim sungai dan segala bentuk biotanya tetap terjaga dengan baik. Karena bakau atau mangrove ini sumber makanan bagi ikan, udang, ketam dan lainnya,” ujar Indra Gunawan.

Ketua DPD II Partai Golkar Bengkalis yang akrab disapa Eet ini mengatakan, penanaman ribuan bibit bakau tersebut juga bagian dari upayanya menjadikan kawasan dusun Mentalus Permai sebagai kawasan agrowisata. Ketika dusun tersebut menjadi tujuan ramai orang, dipastikan masyarakat setempat akan mendapatkan manfaatnya.

“Sungai Jangkang ini masih sangat asri. Bukan hanya menyimpan berbagai jenis ikan, tapi juga udang galah yang gurih itu. Di hari-hari libur, sungai ini ramai dikunjungi para pemancing udang dari Bengkalis dan beberapa daerah sekitar,” ujarnya.

Selain menanam bibit bakau dan menatanya dengan rapi di sepanjang sungai, Eet juga meletakkan ratusan ban mobil bekas di pinggiran sungai. Ban-ban bekas tersebut kelak akan menjadi ‘rumah’ berbagai bioata sungai terutama udang.

“Penebangan bakau dengan sporadis tanpa menanam kembali berdampak tidak baik bagi kelangsungan kehidupan ekosistim yang ada di sungai. Untuk itu saya mengajak kita semua untuk bersama-sama menjaga kawasan sungai agar tetap mendatangkan manfaat yang besar bagi kita semua,” ajak Eet. dilansir metro riau. (rep10)
 


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]