Horeee, 885 Petani Bengkalis Dapat Bantuan Bibit Karet

 Horeee, 885 Petani Bengkalis Dapat Bantuan Bibit Karet
BENGKALIS - Pemkab Bengkalis menyalurkan bantuan sebanyak 537.050 batang bibit karet unggul untuk 885 petani yang tergabung di 50 kelompok tani (Poktan). Bantuan itu disalurkan Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh di Desa Muntai, Kecamatan Bantan, Senin (2/12) sore untuk 27 desa di 6 kecamatan yang memiliki Poktan. 
Menurut Herliyan Saleh, Pemkab Bengkalis memiliki pertimbangan tersendiri mengapa memilih bibit karet unggul okulasi ini, terutama dalam menyelesaikan beberapa persoalan yang dihadapi hari ini. Pertama, saat ini ada sekitar 5 ribu lebih kebun karet yang sudah tua dan tidak produktif karena bibitnya tidak unggul sehingga produksi susunya sedikit.
 
Kedua, banyak sekali lahan yang terlantar, baik milik masyarakat maupun hutan yang sudah tak ada hutannya. Ketiga, ada sekitar 17 ribu kepala keluarga atau 10 persen penduduk Kabupaten Bengkalis bergerak di perkebunan karet. "Melalui bantuan bibit karet unggul lebih dari setengah juta batang ini, diharapkan bisa mengatasi persoalan ini," ujar Herliyan.
 
Untuk itu Herliyan berharap bibit yang dibantu ini benar-benar ditanaman oleh petani. Kemudian Dishutbun melalui petugas PPL untuk memantau dan melakukan penyuluhan kepada petani. Selain itu, Bengkalis juga mendapat program HTR 14 ribu hektar dari Menhut. Dari jumlah itu diharapkan  bisa dimanfaatkan untuk perkebunan karet sekitar 10 ribu hektar untuk karet, sehingga diharapkan bisa mengurangi kemiskinan.
 
"Untuk itu, saya minta nanti seleksi betul masyarakat menerima bantuan, terutama sekali para kepala desa. Pengalokasian bantua harus benar kepada masyarakat yang layak menerima," perintah Herliyan.
 
Sebelumnya Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Herman Mahmud memaparkan bahwa tujuan program ini membantu masyarakat menghasilkan karet maksimal melalui bibit okulasi, dimana selama ini masyarakat banyak menggunakan bibit lokal. Jumlah bibit unggul yang dibantu sebanyak 537.050 batang bibit karet unggul untuk 885 anggota yang tergabung dalam 50 kelompok tani. Kelompok tersebut tersebar di 27 desa yang berada di 6 kecamatan, yakni Bantan, Bengkalis, Siak Kecil, Bukitbatu, Rupat dan Rupat Utara.
 
Penyerahan secara simbolis bibit karet unggul untuk Kecamatan Bengkalis dan Bantan ini dihadiri para kepala dinas dan badan, Camat Bantan Nazly, kepala desa dan kelompok masyarakat penerima bantuan. Pada kesempatan itu Herliyan juga sempat berdialog dengan masyarakat penerima bantuan sekaligus menerima masukan dan saran. (rep05/mtr)
 
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index