BPBD-Damkar Siapkan Strategi Atasi Banjir

BPBD-Damkar Siapkan Strategi Atasi Banjir
ilustrasi
BENGKALIS –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah-Pemadam Kebakaran (BPD-Damkar) Kabupaten Bengkalis menyiapkan strategi kemungkinan terjadinya banjir akibat akibat curah hujan yang tinggi belakangan ini. Salah satu strategi itu adalah memantau kawasan pinggiran sungai secara rutin.
 
“Dikhawatirkan, tingginya curah hujan disejumlah daerah dan kawasan rentan terjadi banjir atau pasang keling yang bisa mengakibatkan rumah penduduk terendam. Guna menyikapi kondisi tersebut kita sudah mensiagakan petugas yang ada serta peralatan yang diperlukan untuk penanggulangan banjir,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadan Kebakaran, Muhammad Jalal, Rabu (23/10).
 
Dikatakan, sejumlah daerah yang diperkirakan rawan banjir adalah di kecamatan Pinggir dan Mandau, khususnya di Kuala Penaso serta daerah yang menjadi aliran Sungai Mandau. Kemudian di kecamatan Siak Kecil yang berada di alur Sungai Siak dan Sungai Siak Kecil seperti desa Lubuk Garam juga rentan terhadap bahaya banjir, karena daerah tersebut berada di dataran yang rendah.
 
Selain itu sambung mantan Kabag Ortal ini, untuk kecamatan Bengkalis dan Bantan sejumlah daerah, umumnya yang berada di pesisir pantai juga masuk dalam kategori daerah rawan banjir dan pasang keling. Di kecamatan Bengkalis, kawasan seperti desa Wonosari, Sebauk, Meskom dan lainnyajuga masuk daerah rawan banjir.
 
“Tentunya menghadapi segala macam situasi, khususnya terhadap bencana kita selalu mensiagakan personil yang siap diterjunkan ke lapangan apabila sewaktu-waktu terjadi musibah atau bencana. Apalagi saya baru menjabat disini (Kepala BPBD-Damkar) baru seminggu, dan tentunya harus banyak tahu tentang kebutuhan operasional serta organisasi kerja di BPBD-Damkar ini,” ujar Jalal.
 
Disinggung terkait dengan kebutuhan operasional di lapangan, ia menambahkan akan berkoordinasi dengan kepala-kepala bidang ataupun Kasi di BPBD-Damkar, tentang penambahan sarana dan prasarana operasional. Hal tersebut terkait dengan peralatan-peralatan yang dibutuhkan, dan untuk pemenuhannya akan dilakukan secara bertahap, apakah melalui APBD Bengkalis maupun bantuan dari Pemerintah Pusat. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index