Riau

Bupati dan Sekda Kuansing Apresiasi Mahasiswa KKN UNRI dalam Pembuatan Nata de coco

RiauDaily.com - Teluk Kuantan - Bupati Kuansing  Drs. H. Mursini, M.Si bersama Sekda Kuansing Dr. Dianto Mampanini, SE,. MT apresiasi giat Mahasiswa KKN UNRI dalam pembuatan nata de coco Di Pulau Banjar Kari, Kamis pagi (02/08).

Selain promo pembuatan nata de coco, Mahasiswa KKN FMIPA UNRI melakukan Pengembangan Desa Sehat Berbasis Terapi Herbal (Aplikasi Alami Tekonologi EM pada Kebun Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Bupati Mursini dalam sambutannnya menyampaikan rasa syukur yang tak terhingga atas Giat Mahasiswa KKN UNRI dalam memberikan penyuluhan serta pembinaan pada masyarakat desa di Pulau Banjar Kari.

"Saya atas nama Pemerintah Kuansing, turut berbangga atas pembinaan Mahasiswa KKN UNRI terhadap masyarakat desa di Kuansing. Semoga ilmu yang didapatkan dari Mahasiswa sekalian, bisa dipraktekkan dalam kehidupan masyarakat. Selain itu juga, diharapkan bisa menjadi income generating bagi Badan Usaha Milik Desa Pulau Banjar Kari ini nantinya." Begitu ungkapan Bupati dengan penuh harap.

Dengan keberadaan Mahasiswa KKN UNRI ini, masyarakat desa dapat menerima ilmu yang bermanfaat, seperti bagaimana cara meningkatkan limbah rumah tangga, menjadikan sampah sebagai pupuk alami, sampai kepada menyiapkan  Pengembangan Tanaman Obat yang akan bermanfaat secara pribadi, dasa wisma maupun digunakan secara komersial pada Badan Usaha Milik Desa, terutama di Desa Pulau Banjar Kari ini.

Dalam acara ini, Mahasiswa KKN UNRI bersama Dosen Pendamping KKN menyerahkan 5 Jenis Bibit Tanaman Obat untuk dapat dikembangkan oleh masyarakat Pulau Banjar Kari. Kelima jenis bibit tanaman tersebut adalah Bawang Dayak, Bangun-Bangun, Binahong, Kumis Kucing dan Pegagan. Semuanya adalah Tanaman Obat Keluarga, yang akan ditanam di Desa Pulau Banjar Kari sebagai Pengembangan Desa Sehat Berbasis Terapi Herbal (Aplikasi Alami Tekonologi EM pada Kebun Tanaman Obat Keluarga (TOGA) oleh Mahasiswa KKN UNRI untuk Masyarakat Desa.

Selain dapat menjual bahan baku Tanaman Obat nantinya,  Bupati juga berharap pada masyarakat Desa Pulau Banjar dapat memahami penyuluhan Mahasiswa KKN UNRI ini dan bisa memanfaatkan limbah kelapa menjadi sebuah produk nata de coco.

"Adanya pemanfaatan tanaman obat dan pembuatan nata de coco ini, saya sudah tidak sabar untuk memasarkan produksi di wilayah masyarakat desa, wilayah Kuansing khususnya." Tambah Bupati.

Terakhir, Bupati Dan Sekda Kuansing secara simbolis menanam beberapa tanaman di halaman Balai Pertemuan Desa Pulau Banjar Kari. Dilanjutkan oleh Camat Kuantan Tengah, H. M. Refendi Zukman, S.Sos,. M.Si dan Kepala Desa Sudirman.***


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]