9 Juli Nanti, Polda Riau Kerahkan 6.348 Personil

9 Juli Nanti, Polda Riau Kerahkan 6.348 Personil
PEKANBARU - Untuk pengamanan di hari pencoblosan Pemilihan Presiden (Pilpres) 9 Juli 2014, sebanyak 6.348 personil Polri akan diturunkan untuk mengawal 12.161 TPS yang tersebar di Riau.
 
"Dalam pengamanan kita bagi dalam tiga katagori yakni aman, Rawan 1 dan Rawan 2," ungkap Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono kepada wartawan.
Tiga katagori itu, Direktur Binmas Polda Riau Kombes Pol Sugiyono, yakni TPS aman akan dikawal 1 personil polisi untuk 6 TPS dan TPS Rawan 1 akan kawal 1 polisi untuk 1 TPS. "Kemudian TPS Rawan 2 akan dikawal 2 personil polisi untuk 1 lokasi TPS. Di semua TPS kita dibantu oleh personil Linmas," kata Sugiyono..
 
Yang jelas pelaksanaannya kata Sugiyono, hampir sama ketika Pileg lalu. "Dimana kita membagi kategori menjadi 3 standarisasi. Namun sejauh ini keamanan TPS cukup kondusif. Yang perlu kita perhatikan adalah jarak tiap masing-masing TPS, untuk itu personil yang mobile dapat secara bergilir memantau TPS," ucapnya.
Sementara untuk distribusi surat suara beberapa daerah sudah dilaksanakan."Bahkan sudah ada yang didistribusikan sampai ke PPK," ujarnya.
 
Untuk Pengamanan pendistribusian surat suara kata Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono lagi, dikawal oleh anggota Polri. "Lalu kita jaga 1x24 jam saat berada di PPS maupun PPK," tegas Condro.
 
Semakin dekatnya masa pencoblosan Kapolda Riau Brigjen Pol Condro Kirono mengimbau seluruh masyarakat agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nuraninya. Kemudian masyarakat juga harus menjaga situasi agar tetap aman dan tertib hingga selesainya tahapan Pilpres.
 
Untuk anggota Polri Kapolda tetap dengan tegas meminta agar anggotanya tidak ikut berpolitik atau menjadi Tim Sukses. "Sebab sudah jauh hari kita tegaskan anggota Polri tidak boleh berpolitik dan tidak boleh berbicara tetantang calon presiden dengan siapa pun," ungkap Condro. (rep05/tpc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index