Sudahkah Anda pakai kondom dengan benar?

Sudahkah Anda pakai kondom dengan benar?
Kondom biasanya digunakan ketika melakukan hubungan seksual untuk melindungi dari penularan penyakit seksual dan mencegah kehamilan yang tak diinginkan. Semua orang 
 
dewasa kemungkinan pernah menggunakan kondom ketika berhubungan intim dengan pasangannya. Namun, apakah selama ini Anda sudah menggunakan kondom dengan benar?
 
Berikut adalah beberapa cara penggunaan kondom dengan benar, seperti dilansir oleh Health Me Up (13/11).
 
1. Tekan kondom ke samping kemasan untuk memastikan Anda tidak merusaknya. Ketika melakukan ini, pastikan Anda melihat gelembung udara. Jika tak ada gelembung udara, berarti 
 
kondom Anda telah berlubang dan lebih baik tidak digunakan.
 
2. Selalu buka kemasan kondom dengan cara merobek sisinya. Jangan gunakan gigi, gunting, atau benda tajam karena Anda bisa merusak kondom yang ada di dalamnya.
 
3. Ketika mengambil kondom dari kemasan, perhatikan bagian ujung kondom yang mirip seperti topi kecil. Anda harus memegangnya dan menggulungnya untuk memasukkan penis.
 
4. Jika Anda melakukan hal sebaliknya, yang merupakan langkah yang salah, kondom akan terlihat seperti dot bayi. Cara ini salah, begitu juga jika Anda mencoba membalik kondom.
 
5. Selanjutnya, cubit bagian ujung kondom untuk mengeluarkan udara yang ada di dalamnya, sementara tangan yang lain menggulung kondom ke penis.
 
6. Setelah Anda membuka gulungan kondom, Anda akan memperhatikan bahwa di bagian ujung tak ada udara. Memang seharusnya begitu, karena bagian ujung diperlukan untuk 
 
menangkap semen dan sperma ketika Anda melakukan ejakulasi.
 
7. Ketika memasukkan penis ke vagina, pastikan Anda memegang bagian pangkal kondom untuk melihat bahwa kondom tetap terpakai dan tidak lepas.
 
8. Setelah ejakulasi, gulung kondom ketika penis masih ereksi. Kemudian ikat bagian atasnya dan buang ke tempat sampah. Jangan buang ke kloset karena akan menyumbat toilet Anda.
 
Selain langkah di atas, perhatikan hal berikut ini:
- Pastikan Anda mengganti kondom jika mencoba beberapa posisi seks yang berbeda, karena ini akan mengurangi risiko infeksi.
- Selalu cek masa berlaku kondom sebelum menggunakannya.
- Jangan pernah menggunakan kondom dua kali atau menggunakan kondom yang sudah pernah digunakan sebelumnya.
 
Itulah beberapa tips untuk menggunakan kondom dengan benar, serta beberapa hal yang sebaiknya harus diperhatikan ketika memakai kondom. Jadi, lain kali jika menggunakan 
 
kondom, Anda tak akan salah memakainya. (rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index