Yuk Mengenal 5 Tanda Love Bombing dalam Hubungan yang Membabi Buta

Yuk Mengenal 5 Tanda Love Bombing dalam Hubungan yang Membabi Buta
Ilustrasi. Anda perlu mewaspadai tanda-tanda love bombing dalam suatu hubungan. (iStock/gustavofrazao)

Jakarta - Bila Anda baru berkenalan dengan seseorang yang baru dan dean cenderung menuju hubungan yang spesial, sebaiknya Anda perlu menahan diri sehingga bisa berpikir jernih demi hubungan yang lebih sehat. Apalagi bila Si dia menunjukkan super perhatian dan rela melakukan apa saja untukmu?

Maka harus Hati-hati, bisa jadi Anda sedang mendapatkan 'bom cinta' alias love bombing. Lebih baik Anda mengenali tanda-tanda love bombing berikut ini.

Dalam love bombing, tak jarang Anda atau kekasih Anda memberikan perhatian yang sangat besar, menghujani dengan kata cinta nyaris setiap saat, bahkan sangat royal dalam hal materi.

Sebelum memahami tanda-tanda dari love bombing, Anda juga perlu mengetahui arti dari love bombing itu sendiri.

"Love bombing adalah bentuk manipulasi emosional yang digunakan untuk mendapatkan kekuasaan atas seseorang dengan menghujani mereka dengan banyak kasih sayang dan perhatian," jelas Spirit, konselor dan pembawa acara 'Love Goals', seperti dilansir dari Mind, Body, Green.

Sasha Jackson, terapis dan pekerja sosial berlisensi, berkata love bombing punya karakteristik perhatian, kekaguman, dan afeksi berlebihan. Tujuannya, membuat seseorang ketergantungan dan jadi seorang penurut.

Awalnya korban love bombing akan merasa bingung, namun ada perasaan nyaman dan senang berkat dopamin dan endorfin yang didapat dari perhatian dan hadiah berlimpah.

"Anda merasa istimewa, dibutuhkan, dicintai, dihargai, dan berharga, yang mana itu komponen yang berkontribusi pada peningkatan kepercayaan diri seseorang," imbuh Jackson seperti dilansir dari Cosmopolitan.

Tanda love bombing
Love bombing adalah salah satu red flag dalam hubungan. Para ahli melihat love bombing sebagai sesuatu yang tidak sehat sebab bisa menyulitkan orang lain untuk mempertahankan batasan (boundaries).

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah tanda love bombing yang perlu diwaspadai dalam hubungan.

1. Hadiah yang berlebihan
Love bombing melibatkan gestur berlebihan termasuk dalam hal pemberian hadiah. Di saat orang lain cukup memberikan satu buket mawar, si dia memberikan karangan bunga atau bunga papan. Kemudian dia membelikan tiket konser dengan posisi terbaik yang harganya tak main-main.

Semua ini memang terlihat tidak berbahaya tapi lewat semua ini, dia ingin memanipulasi Anda dan membuat Anda berpikir bahwa Anda sedang berutang sesuatu padanya.

2. Non-stop pujian
Pujian akan menaikkan rasa percaya diri. Namun saat kadarnya berlebihan, tentu kepala bisa pusing. Saat hubungan masih baru, tentu aneh jika tiba-tiba dia mengungkapkan soal cinta abadi.

Melansir Healthline, beberapa frasa umum yang digunakan pelaku love bombing seperti,

"Saya mencintai semua tentang kamu."

"Aku belum pernah bertemu seseorang sesempurna dirimu."

"Kamu satu-satunya orang yang ingin kuajak menghabiskan sisa hidupku."

3. Komunikasi terlalu intens
Tanda love bombing selanjutnya adalah komunikasi yang terlalu intens, seperti dia kerap menelepon dan mengirim pesan.

Komunikasi memang 'green flag' dalam hubungan. Namun ini bisa jadi red flag kalau komunikasi nyaris tiap waktu tanpa peduli apa yang sedang Anda kerjakan.

4. Mudah marah saat Anda menetapkan batasan
Saat dia melanggar batasan personal Anda, tentu cara terbaik untuk menanganinya adalah mengingatkan dia. Harapannya, dia mau berubah dan lebih menghargai Anda.

Akan tetapi, pelaku love bombing bakal marah sebab dia merasa Anda menghalangi langkah mereka untuk manipulasi.

Anda terganggu saat dia yang terlalu sering telepon, misal, lalu Anda meminta agar ada jam-jam tertentu untuk berkomunikasi. Dia bakal marah dan menganggap Anda tidak mau diperhatikan. Pun dia juga bisa mengancam memutuskan hubungan.

5. Menjauhkanmu dari keluarga dan teman
Punya gebetan atau pacar bukan berarti menjauhkan Anda dari keluarga dan teman. Namun pelaku love bombing malah menuntut perhatian dan waktu Anda. Hal ini pun secara tidak langsung menjauhkan Anda dari keluarga dan teman.

Dia bisa marah kalau Anda membatalkan janji karena ada anggota keluarga yang perlu dibawa ke rumah sakit.

Itulah sejumlah tanda love bombing yang perlu diwaspadai dalam sebuah hubungan.**

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index