Riau

JCH Diminta Tak Risaukan Virus MERS

PASIR PANGARAIAN-Walau santer berita tentang penyebaran wabah virus MERS di Arab Saudi, namun para Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) diminta tidak resah atas virus tersebut. JCH diminta rutin mencek kesehatan dan melakukan vaksinasi sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agaman (Kankemenag) Rohul Drs H Ahmad Supardi Hasibuan.

Menurutnya, pemerintah terus berupaya mengantisipasi virus tersebut menyerang JCH.
"Pemerintah melakukan kajian tentang masalah itu. Kita minta JCH tidak resah," ujar Ahmad Supardi didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Elfalisman, Sabtu (10/5/2014).

Ahmad Supardi memastikan pemerintah menjamin kesehatan JCH. Untuk itu JCH diminta melakukan vaksinasi sebelum berangkat ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Ahmad Supardi juga mengingatkan JCH rutin memeriksakan kesehatan sebelum berangkat sesuai jadwal yang ditentukan Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul. Pemeriksaan awal dilakukan di 16 Puskesmas kecamatan, sesuai domisili JCH. "Untuk pemeriksaan kedua dilakukan di RSUD Pasir Pangaraian," ucapnya.

Ahmad Supardi menjelaskan, beberapa penyakit yang tengah merebak di Arab Saudi dapat dicegah dengan prilaku hidup sehat, pola makan teratur dan selalu mengenakan masker saat melaksanakan ibadah.

"Vaksinasi wajib dilakukan seluruh JCH seperti vaksinasi meningitis. Alangkah baiknya sekalian dilakukan vaksinasi influenza," saran Ahmad Supardi. (cr01/hrc)


[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]