Pengurus PK Nikeuba SBSI Plaza Dilantik

Pengurus PK Nikeuba SBSI Plaza Dilantik

BENGKALIS – Pengurus Komisariat (PK) Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) sektor Niaga, Keuangan dan Perbankan (Nikeuba) Plaza Laksamana/Mandiri Swalayan Bengkalis dilantik, Kamis (03/10). Kegiatan ini dihadiri pimpinan Plaza Laksamana, Effendi dan Kepala UTPD Disnaker Bengkalis, Khusaini.
            
Para pengurus yang dilantik itu diantaranya, Ketua, Helmi, Sekretaris Suryani serta pengurus yang membidangi masing-masing tugas dengan jumlah mencapai 30-an orang.
        
Kepala UTPD Disnaker Bengkalis, Khusaini meminta, dengan dilantiknya Pengurus PK Nikeuba SBSI Plaza, manajemen perusahaan agar memberlakukan standar gaji kepada karyawan setara upah minimum kabupaten (UMK). Selain itu setiap pengusaha, harus mengikutsertakan karyawannya sebagai peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) yang menjadi hak buruh.
            
“Saya juga mengingatkan kepada serikat-serikat buruh yang telah memiliki nomor bukti pencatatan segera melakukan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) sesuai amanat Undang-Undang nomor 21 tahun 2000 tentang serikat buruh. UPTD Disnaker Bengkalis mendukung sepenuhnya pergerakan positif yang dilakukan Pengurus PK Nikeuba SBSI Plaza Bengkalis, terutama menegakan undang-undang nomor 13 tahun 2003 tentang tenaga kerja,” sebut Khusaini. seperti dilansir hallo riau.com
            
Sementara, Ketua DPC SBSI Nikeuba Kabupaten Bengkalis, Kasriadi, juga mengingatkan agar manajemen perusahaan mengikuti aturan standar gaji sesuai UMK yakni Rp1.610.000. Disebutnya, dibeberapa tempat, hak buruh masih terabaikan oleh manajemen perusahaan, sehingga yang terjadi adalah penindasan terhadap tenaga kerja.
            
“Kita pernah mendapati buruh di Bengkalis ini sampai enam bulan tidak mendapatkan haknya. Ketika si buruh menanyakan kepada manajemen, ia malahan terancam dipecat. Hal–hal seperti inilah yang akan diperjuangkan oleh DPC Nikeuba SBSI Bengkalis, supaya hak-hak buruh ditegakkan,” terang Kasriadi.

Soal terbentuknya PK Nikeuba SBSI Plaza Laksamana, ia menyebutkan bahwa terbentuknya PK tersebut adalah langkah maju. Kedepan DPC Nikeuba SBSI Bengkalis akan membentuk komisariat disejumlah perusahaan-perusahaan yang ada di kecamatan ataupun Kabupaten Bengkalis.(rep10)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index