Kabut Asap, Jarak Pandang di Pekanbaru 1 Kilometer

  Kabut Asap, Jarak Pandang di Pekanbaru 1 Kilometer
ilustrasi

PEKANBARU - Kabut asap kembali menyelimuti sebagian besar wilayah di Provinsi Riau. Bahkan, kabut asap menyebabkan jarak pandang menjadi terbatas, seperti Kota Pekanbaru yang hanya 1 kilometer saja.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sugarin mengatakan, kabut asap ini dipicu oleh peningkatan titik panas oleh Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) disejumlah wilayah di Sumatera, khususnya di Riau.

Dari pantauan satelit Terra dan Aqua, saat ini terdapat 87 hotspot  di pulau Sumatera dengan sebaran 51 titik berada di Riau, Jambi 18 titik, Sumsel 13 titik, Babel 5 titik dan Kepri 1 titik.

"Kabut asap ini menyebabkan jarak pandang disejumlah daerah menjadi terbatas. Seperti Pekanbaru hanya 1 Kilometer (smoke) Dumai 4 Kilo meter (haze), Pelalawan = 3 Kilometer (haze) dan Rengat 4 Kilometer (haze),"ujarnya, Sabtu (25/7/2015)

Kendati kabut asap cukup pekat menyelimuti Pekanbaru sekitarnya, info Alat Pemantau PM10, ISPU Stamet Pekanbaru dalam kategori masih dalam kategori "SEDANG"Sementara angin secara umum dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan 05 - 15 knots (09 - 29 km/jam).    

Secara umum kondisi cuaca di Wilayah Riau Cerah Berawan disertai kabut asap tipis pada pagi dan malam hari. Peluang hujan ringan tidak merata di wilayah Riau bagian Utara, Barat dan Pesisir Timur.(rep05/mcr)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index