Datuk Setia Amanah Hadiri Pengukuhan Batin Sengeri Ke - 17

Datuk Setia Amanah Hadiri Pengukuhan Batin Sengeri Ke - 17
PELALAWAN - Bupati Pelalawan HM. Harris selaku Datuk Setia Amanah Payung Panji Adat, Senin (27/4) mengahadiri pengukuhan Batin Sengeri yang menguasa 4 Desa di Kecamatan Pangkalan Kuras bertempat di pekarangan Kantor Kepala Desa Palas Kecamatan Pangkalan Kuras.  Batin Sengeri ke -17 Samsari, HS dikukuhkan oleh Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Petalangan (LKAP) Mukhtarius, S. Pd. M. Pd.
 
Prosesi pengukuhan Batin Sengeri berlangsung khidmat. Saat dikukuhkan oleh Ketua LKAP turut disasikan Bupati Pelalawan Datuk Setia Amanah Payung Panji Adat, pemangku adat, Tokoh Adat M. Yunus Syam, Ketua DPRD Pelalawan Nasarudin, SH.MH dan para tamu undangan. Penyerahan keris dari Batin ke - 16 Idris kepada Samsari dilakukan sebelum pengukuhan.
 
Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan HM. Harris menyampaikan agar ninik mamak dan  anak kemenakan untuk selalu berpegang kepada Adat. 
"Mari kembali ke pangkal agar Adat dapat menjadi dasar dalam menjalankan kehidupan. Mari bersama melestrikan Adat yang mulai ditinggal zaman," katanya.
 
Ditambahkannya, dirinya mengingatkan soal sumpah sati yang dibacakan saat pengukuhan. Menurutnya, sumpah sati sesuatu yang teramat sakral. "Jangan sampai melanggar sumpah sati ibarat pepatah di atas tak berpucuk di bawah tak berakar di tengah dimakan kumbang. 
 
Menempatkan kembali tugas dan peran ninik mamak. Semoga Sumpah Sati ini dapat menjdi pedoman bagi pemangku Batin di Negeri ini," tutupnya. (rep03)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index