Penderita AIDS di Kabupaten Inhu Mencapai 35 Orang

Penderita AIDS di Kabupaten Inhu Mencapai 35 Orang
RENGAT-Jumlah penderita AIDS di Kabupaten Inhu terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Inhu, hingga September 2014, penderita AIDS sudah mencapai 35 orang. Padahal tahun 2013 lalu, penderita AIDS di Kabupaten Inhu sebanyak 27 orang.
 
“Jika dibanding tahun lalu, terjadi peningkatan jumlah penderita AIDS di Kabupaten Inhu sebanyak 8 orang atau 20 persen. Jumlah tersebut merupakan penderita yang sadar untuk memeriksakan kesehatannya kepada rumah sakit atau dokter,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Inhu H Suhardi, Senin (1/12).
 
Menurut Suhardi, dengan kondisi tersebut, bisa saja jumlah penderita AIDS di Kabupaten Inhu lebih banyak dari yang telah terdata. Sebab penderita yang belum terdata dan belum melakukan pemeriksaan kesehatan dapat berinteraksi dengan warga lain dan menularkan HIV.
 
“Adanya penderita AIDS di Kabupaten Inhu diketahui setelah mereka melakukan pemeriksaan kesehatan di Pekanbaru. Dari hasil pemeriksaan tersebut akan disampaikan kepada Dinas Kesehatan asal pasien atau penderita tersebut,” ucapnya.
 
Ditambahkan Suhardi, RSUD Indrasari Rengat sampai saat ini belum bisa memberikan pelayanan pemeriksaan bagi penderita AIDS. “Sehingga kita tidak mengetahui keberadaan pasien dan latar belakang pekerjaannya. Namun secara umum, penderita AIDS tertinggi berlatar belakang pekerja seks, tenaga non profesional, wiraswasta, tidak bekerja kemudian baru para ibu rumah tangga,” terangnya.
 
Karena itu diperlukan upaya pencegahan dan kesadaran masyarakat agar penularan HIV/AIDS tidak semakin meluas di Kabupaten Inhu. Selain itu juga dibutuhkan kepedulian sesama warga lain dengan tidak mengucilkan penderita serta tidak di berlaku diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS. Bahkan peran keluarga sangat penting memberikan dukungan untuk bisa berobat dan memberi semangat terhadap penderita.
 
Sebagai bentuk kepedulian terhadap AIDS, pada peringatan Hari AIDS se dunia yang jatuh pada 1 Desember, Dinas Kesehatan Inhu telah membagikan lebih dari seribuah pita. Melalui pita peduli AIDS ini, diharapkan mampu mengurangi penderita AIDS di Kabupaten Inhu.
 
Sasaran pemberian pita penduli AIDS diantaranya para PNS dilingkungan Pemkab Inhu saat pelaksanaan upacara HUT Korpri yang digabung dengan upacara HUT PGRI dan Hari Guru Nasional. “Selain PNS, pita peduli AIDS juga dibagikan kepada masyarakat saat melintas di jalan raya seperti di Jalan Lintas Timur Kelurahan Pematang Reba dan di sejumlah jalan dalam Kota Rengat,” sebutnya. (cr01/isc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index