Tepian Saidina Ali Desa Luai

Bupati dan Wabup Kuansing Naik Perahu Baganduang Resmi Buka Pacu Jalur Rayon III

Bupati dan Wabup Kuansing Naik Perahu Baganduang Resmi Buka Pacu Jalur Rayon III

RiauDaily.com - Lubuk Jambi - Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si dan Wabup H. Halim naik Perahu Bagunduang lepas jalur hilir pertama di pancang start Pacu Jalur Rayon III Tepian Saidina Ali Desa Luai Kuantan Mudik, Kamis Siang (02/08).

Diawal pelepasan hilir jalur pertama, Bupati Mursini beserta rombongan disambut dengan gemuruh kompang dibantu boat dan di bawa ke hulu pancang start Tepian Saidina Ali tempat acara pacu jalur berlangsung.

Setibanya di pancang start, Bupati dan Wabup beserta rombongan hilir dengan Perahu Baganduang sekaligus melepas secara resmi hilir jalur pertama Pacu jalur Rayon III yang ditandai dengan bendera dan tembakan.

Hilir pertama sah dilepas Bupati Mursini yang ditandai dengan bendera dan tembakan. Bupati Mursini beserta rombongan hilir dengan Perahu Baganduang Tradisi Budaya Kuantan Mudik yang kini menjadi Tradisi Budaya Terpopuler dalam Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2018.

Jalur pertama hilir Tapak Godang Sungai Gorakan dari Desa Pasar Gunung Kecamatan Gunung Toar dengan Jalur Singa Kuantan dari Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan. Begitu dua jalur kebanggaan dilepaskan, langsung disambut riuh sorak "KAYUAH" dan tepuk tangan pun berdatangan dari penonton warga Kecamatan Kuantan Mudik sekitarnya.

Sebanyak 48 jalur ikut berpartisipasi dalam event Pacu Jalur Rayon III ini, dimulai hari ini, Kamis (02/08) sampai dengan Sabtu (04/08). 19 buah Jalur dari Kecamatan Kuantan Mudik selaku tuan rumah, Gunung Toar sebanyak 10 buah Jalur, Hulu Kuantan sebanyak 10 buah Jalur, Kuantan Tengah sebanyak 8 buah jalur.

Turut hadir mendampingi Bupati dan Wabup Kuansing dalam kompang menuju panjang start Tepian Saidina Ali, Wakil Ketua DPRD Sardiyono,A.Md, Anggota DPRD Musliadi Dan Endrizal, Sejumlah Pejabat Eselon II, Kabag Humas Dan Protokoler, Camat Kuantan Mudik, Kapolsek, Danramil, dan beberapa Tokoh masyarakat Lubuk Jambi diantaranya Bapak H. Mukhlis.***

##wisata

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index