Wabup Kuansing Resmi Buka Festival Pacu Jalur Tradisional Rayon II Tahun 2018

Wabup Kuansing Resmi Buka Festival Pacu Jalur Tradisional Rayon II Tahun 2018
Wabup Kuansing H Halim saat menyerahkan piala bergilir pacu jalur rayon II

BENAI, RiauDaily.com - Wakil Bupati Kuantan Singingi, H. Halim langsung secara resmi membuka Festival Pacu Jalur Tradisional Rayon II di Tepian Pincuran Sati Kelurahan Pasar Benai, Kecamatan Benai, Kamis (26/07). Hal itu ditandai dengan pemukulan gong yang dilaksanakan di Halaman Upacara SMAN 1 Benai dan disaksikan oleh seluruh undangan dan masyarakat.

Wabup Halim didampingi langsung Kadis Budpar Marwan, S.Pd,. MM. Turut hadir anggota DPD RI Dr. Misharti, S.Ag,. M.Si, Wakil Ketua I DPRD Kuansing Sardiyono, A.Md serta Kajari Harri Wibowo, SH,. MH diwakili Kasi Intel Revendra, SH, Kapolres AKBP Fibri Karpiananto, SH,. S.Ik diwakili Kasat Sabhara AKP Afrizal, SH, Staf Ahli Eriswan dan Marhumala Pontas, Kabag Humas dan Protokol Setda Drs. Muradi, M.Si, Sekwan Mastur, SE, Direktur RSUD Teluk Kuantan dr. H. Fahdiansyah, Sp.OG, Kaban BNNK Kuansing Wim Jefrizal, SH diwakili serta para Kadis di Lingkup Pemkab Kuansing. Kemudian sejumlah Camat, Ketua Pelaksana Pacu Jalur Benai Harmadi, para Kades, BPD, Datuk Nan Barompek, Ketua PKK Kecamatan dan Desa serta para tokoh se Kecamatan Benai.

Camat Benai Yulhendra, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan aspirasi masyarakat berupa pembangunan infrastruktur, antara lainnya pengaspalan jalan penghubung Desa Gunung Kesiangan - Banjar Lopak - Pulau Kalimanting - Tanjung Simandolak lebih kurang sepanjang 4 KM, selain itu juga pengaspalan jalan poros Desa Pulau Tongah sepanjang 2 KM. "Mohon sekiranya agar dapat dianggarkan dalam APBD Kuansing mendatang," harapnya.

Dalam arahannya, Wabup H. Halim mengapresiasi seluruh masyarakat, baik itu di kampung maupun luar daerah yang selama ini telah membantu dan mendukung seluruh program pembangunan pemerintah daerah Kabupaten Kuantan Singingi.

Wabup Halim juga mengajak masyarakat agar senantiasa dapat menjaga budaya warisan sejak zaman dulu agar tetap dilestarikan kedepannya.

"Pacu jalur merupakan karya seni budaya yang harus kita lestarikan sebagai warisan nenek moyang selama ini. Baik itu seni ukir, seni tari dan yang lainnya yang ada hubungan dengan pelaksanaan pacu jalur itu sendiri," kata Wabup.

Wabup menambahkan, "Tugas kita belum usai, untuk itu saya mengajak kepada kita semua agar terus berjuang dan berusaha, pantang menyerah. Mari kita bangun daerah ini dengan baik dan demi kemajuan kita sesuai visi dan misi pemerintahan saat ini," ungkapnya.

Disela arahannya, Wabup memberikan bantuan terhadap tampilan hikayat yang ditampilkan oleh siswa SMAN 1 Benai, bantuan untuk panitia pelaksana pacu jalur. Selain itu, beliau juga memberikan bantuan terhadap jambar-jambar yang sudah di persiapkan oleh para ibu-ibu PKK dengan isian berbagai macam didalamnya.

Terakhir, Wabup minta kepada dinas instansi terkait serta panitia pelaksana penyelenggara Festival Pacu Jalur, "Agar anak SD yang menampilkan Marching Band saat pembukaan pacu jalur ini juga harus di tampilkan disaat pembukaan Festival Pacu Jalur Internasional di Teluk Kuantan," pintanya.***

##wisata

Index

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index