Tempat Pemakaman Mulai Diserbu Para Peziarah

 Tempat Pemakaman Mulai Diserbu Para Peziarah
PEKANBARU - Tempat pemakaman umum dibanjiri oleh para peziarah.  Ini merupakan tradisi tahunan menjelang memasuki bulan suci Ramadhan dalam membersihkan kuburan keluarga dan memanjadkan doa.  Tidak terkecuali Pemakaman yang ada di pekuburan umum Kubang Raya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.
 
Pemakaman yang terletak di jalan lintas Pekanbaru-Teratak Buluh persisnya persimpangan denan jalan Kubang Raya ini puncak ramainya peziarah terlihat hari Minggu (14/06).  Mengingat ini merupakan hari libur terakhir menjelang masukya bulan suci Ramadhan 1436 H.
 
Seperti diakui oleh penjaga makam yang biasa disapa ocu, ramainya petakziah sudah mulai terjadi satu minggu lalu.  Tapi padat atau ramainya memang terjadi sari ini (minggu, red).  "Saminggu potang lah ami juo.  Tapi kini paliaong ami.  Kini dek ai minggu, pagawai libur.  Uang puaso le", jelasnya dengan logat Kampar.
 
Salah seorang petakziah, Nasjar memang mengakui kalau dirinya besama keluarha besarnya memilih hari minggu teakhir menjelang puasa untuk beziarah.  Karena kalau hari libur banyak keluarga yang bisa ikut sehingga semakin ramai semakin lebih semarak dan semangat.
 
"Ini tradisi keluarga besar kami  melakukan ziarah menjelang memasuki puasa.  Kita mendoakan almarhum keluarga, sehingga memasuki puasa kita sudah bersih", terangnya. (ria/mcr)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index