Kampanye Belum Dimulai, Jokowi-Prabowo Sudah Perang Baju

 Kampanye Belum Dimulai, Jokowi-Prabowo Sudah Perang Baju
Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi) adalah dua tokoh yang sudah dinyatakan sebagai calon presiden (capres) oleh partai pengusungnya, Gerindra dan PDIP. Yang menarik, kedua capres ini memiliki penampilan yang unik.
 
Prabowo sering tampil mengenakan setelan safari, sedangkan Jokowi tampil mengenakan kemeja putih dan belakangan ini juga mengenakan kembali kemeja kotak-kotak yang pernah dipakainya saat kampanye pemilihan gubernur DKI tahun 2012 silam.
 
Sementara penampilan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, pada berbagai kesempatan cenderung sama. Ia selalu berpakaian model safari epaulette warna terang.
 
Penampilan Prabowo tersebut bisa membuka memori atas foto-foto Bung Karno. Selain dikenakan oleh Prabowo, setelan serupa juga dipakai para pengurus Partai Gerindra maupun orang-orang di sekeliling mantan Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus tersebut.
 
Lain lagi dengan Jokowi yang ketika bertarung di pemilihan gubernur (pilgub) DKI menjadikan baju kotak-kotak sebagai simbol, tetapi setelah menjabat sebagai gubernur, Jokowi lebih sering mengenakan kemeja warna putih.
 
Ketika mendeklarasikan diri sebagai capres PDIP, Jokowi mengenakan pakaian betawi. Setelah itu, Jokowi kembali ke kebiasaannya mengenakan kemeja putih. Tokoh lingkaran dalam Jokowi mengakui, hingga awal Mei ini, belum ada keputusan tentang pakaian khas yang akan digunakan Jokowi sebagai capres.
 
Jokowi mengaku, memiliki 10 kemeja warna putih. "Saya punya kemeja putih ini tidak hanya satu, tapi ada 10 kemeja," ujar mantan Wali Kota Solo, Jateng, itu beberapa waktu lalu.
 
Jokowi mengakui, kemeja-kemeja putihnya bukanlah barang bermerek yang dibeli di toko terkenal. Menurut Jokowi, kemeja-kemeja itu dibuat oleh penjahit langganannya di Solo. Tarif pembuatannya antara Rp 50.000 sampai Rp 70.000 per kemeja. "Saya pesan baju-baju itu karena murah," katanya.
 
Belakangan setelah dipercaya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menjadi capres, Jokowi dalam beberapa kali kesempatan kembali mengenakan pakaian khasnya, yakni kotak-kota. Penampilan Jokowi berbaju kotak-kotak, misalnya, diperlihatkan ketika dia menemui para buruh yang mengadu kepada dirinya, Kamis (1/5) lalu.
 
Ketika ditanya soal baju kotak-kota ini, Jokowi hanya terkekeh. "Mau nyoba kemeja kotak-kotak baru, kok. Memang enggak boleh?" kata Jokowi di kediaman dinasnya di Taman Suropati 7, Menteng, Jakarta Pusat. Menurut informasi, tim Jokowi konon sudah memesan sekitar 2 juta baju kotak-kotak untuk disebar ke seluruh Indonesia. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index