Jangan Lupa, Hari Ini DCT DPRD Riau Diumumkan

Jangan Lupa, Hari Ini DCT DPRD Riau Diumumkan

PEKANBARU - Hari ini, Jumat (23/8), KPU akan mengumumkan daftar calon tetap DPRD Riau melalui media masa cetak dan elektronik. Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Riau, Tengku Edi Sabli, yang ditemui di salah satu hotel berbintang di Pekanbaru, Kamis (22/8) disela-sela penetapan DCT.

Edi menyebutkan sebelum ditetapkan DCT itu, terlebih dahulu dilakukan kroscek segala bentuk kesalahan, seperti nama, foto, pangkat oleh perwakilan partai yang mengusungkan calonya.

Dikatakan Edi, pengumuman DCT ini, digelar serentak, baik itu KPU kabupaten, kota, maupun KPU RI untuk calon DPRD Riau.  "Pada hari ini, KPU Riau akan menuntaskan proses koreksi draf terhadap nama, tanggal lahir Daftar Calon Sementara (DCS) sebelum ditetapkan menjadi DCT," terangnya.

Dijelaskannya, proses perbaikan ini  dihadiri oleh Liaision Officer (LO) dari 12 Partai pengusung DCS tersebut. "Jadi pada hari ini, kita melakukan kroscek sebelum menetapkan DCT. Kroscek ini meliputi, kesalahan, nama, foto dan lain-lain,"katanya.

Dikatakan Edi, esok hasil penetapan DCT ini akan diumumkan melalui media, cetak maupun elektronik.

Sementara itu, berdasarkan pantauwan Metro Riau, terlihat  ditemukan beberapa nama dan gelar pada calon legislatif yang belum lengkap oleh  undangan rapat dari partai politik yang mengkritisi draft DCS yang disampaikan KPU Riau.

Untuk menghemat waktu, Ketua KPU Riau, memberikan waktu  kepada pengurus partai yang hadir untuk meniliti kembali nama calon yang ada di dalam draft DCS yang disampaikan KPU hingga pukul 12.00 WIB.

Seperti pada partai Nasdem, Dapil 1 Pekanbaru yang menemukan calonya, dengan nama Aziz,  diganti dengan Azis sesuai dengan KTPnya. Usai selesai perbaikan Draf DCS menjadi DCT, hingga pukul 16.00 wib, KPU Riau belum bisa menyimpulkan berapa jumlah DCS DPRD Riau. "Untuk wawancara gak bisa sekarang sebab saat ini, kita harus menyelsaikan jumlah DCT ini, dan saat ini kita belum selesai merangkumnya, " kata Komisioner KPU Riau, Asmuni. (rep05)

 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index